Berbagai Pohon yang Beracun di Dunia

Pohon tak selamanya baik dan bermanfaat bagi manusia. Ada beberapa pohon yang justru memiliki racun yang berbahaya dan bisa mematikan manusia. Waow, apa aja sih pohon itu ?

  • Water hemlock


Water hemlock ataupun disebut dengan cikuta maculata di kenal sebagai tanaman yang paling mematikan di wilayah Amerika Utara dan benua Eropa. Baik dari Bunga, batang serta akar tanaman ini memiliki kandungan senyawa beracun, yaitu cicutoxin serta sebagian besarnya terkonsentrasi di bagian akar.


Meskipun dalam jumlah sedikit saja, cicutoxin bisa mengakibatkan kejang-kejang yang menyebabkan kematian bila tubuh tak dapat bertahan. Kematian umumnya dikarenakan oleh kegagalan pernafasan ataupun fibrilasi ventrikel serta bisa berlangsung cuma beberapa jam saja sesudah konsumsi.


Satu hingga dua gigitan dari akar tanaman telah bisa mengakibatkan kematian. Hal semacam ini dikarenakan akar tanaman ini mirip lobak ataupun tanaman type umbi-umbian hingga kerap salah dikonsumsi manusia. Tanaman ini, tidak cuma beresiko untuk manusia namun pada hewan.


  • English Yew


English Yew (cemara Inggris) ataupun disebut dengan taxus baccata, yaitu satu diantara pohon yang mematikan di dunia. Pohon hijau dan rimbun ini biasanya ditemukan di benua Eropa. Oleh beberapa ilmuwan, cemara ini dikira sebagai pohon yang aneh, dikarenakan semua bagiannya beracun terkecuali kulit buahnya. Racun utama yaitu taxine ataupun taxane dengan rumus molekul C20H36. Taxine adalah alkaloid penyebab serangan jantung. Kayu tumbuhan ini dapat juga beracun. Sebagian orang pembuat busur sudah tewas disebabkan penanganan kayu dalam kerajinan busur tersebut.

  • Oleander

Oleander yang memiliki nama Latin Nerium oleander, yaitu satu diantara tanaman mematikan di muka bumi. Tanaman ini dapat dikenal sebagai tanaman semak untuk hiasan. Di Indonesia lebih di kenal dengan nama bunga mentega.


Cuma satu daun dari tanaman ini saja, sudah bisa mengakibatkan kematian bagi orang dewasa. Hingga membuat keracunan yang fatal karena kontak dengan rantingnya, bunganya, dan juga buahnya. Tanaman ini memiliki kandungan beberapa type racun walau sudah dikeringkan. Racun itu antara lain nerioside, oleandroside, rosagenin, saponins, serta cardiac glycosides. Zat-zat tersebut adalah zat yang bisa mengakibatkan perlambatan denyut jantung serta gagal jantung.


Zat racun tersebut ada pada semua bagian tanaman itu, tetapi biasanya terkonsentrasi dibagian getah yang warnannya putih seperti susu. Bila memapar kulit seseorang, getah ini dapat menghambat reseptor luar kulit hingga mengakibatkan kulit jadi kebas dan mati rasa.


Sekali menginfeksi, tanaman oleander secara simultan akan menyerang system kesadaran, system syaraf jantung, dan juga system pencernaan.

  • Manchineel

Inilah mungkin pohon yang paling beracun didunia. Pohon yang memiliki nama Manchineel ini diakui sebagai pohon yang paling beracun didunia oleh Guiness Records. Karena sangat berbahaya, pohon ini di beri papan peringatan mencolok supaya orang tak mendekat.


Manchineel memiliki kandungan racun dalam beragam level hingga dihimbau untuk jaga jarak dengan pohon tersebut. Buahnya hampir serupa dengan apel kecil, namun jika cuma menggigitnya satu kali saja, ia akan masuk UGD.


Tidak cuma buah, tetapi getah putih susu di batangnya juga benar-benar beracun yang apabila setetesnya saja mengenai kulit, dapat mengakibatkan kulit lecet, bengkak, dermatitis dan sebagainya.



Itulah beberapa tumbuhan yang beracun di dunia. Mulai dari sekarang nampaknya kita perlu berhati-hati dalam melangkah. Kita tahu zaman sekarang ini, kita memang jarang ke hutan atau ke tempat yang rimbun, Namun, perlu hati-hati jika suatu saat kita sedang mengunjungi tempat tempat yang asing. Karena bahaya bisa mengancam kita kapan saja dan dimana saja.

Berbagai Pohon yang Beracun di Dunia | 71mm0 | 4.5