Berburu Jodoh Melalui Kencan Online

Katakepo.blogspot.com – Di era internet sekarang ini apa pun bisa dicari semudah menekan tombol, tak terkecuali mencari cinta. Faktanya, cukup banyak pasangan menikah yang mengaku mendapatkan pasangan hidupnya melalui situs kencan online.

Meski sebagian besar lajang di Indonesia masih memilih cara-cara konvensional untuk bertemu orang baru, misalnya dikenalkan teman atau berkenalan di kafe atau bar, tetapi tak dipungkiri mulai banyak orang yang berburu jodoh secara online.

Di Amerika Serikat atau Eropa, situs kencan online bahkan sudah menjadi rujukan utama untuk mencari pasangan. Menurut Pew Research Center, 23 persen orang yang masuk ke situs kencan online kini memang berniat mencari pasangan serius, bukan hanya kencan biasa.

“Pandangan masyarakat terhadap situs kencan online dalam beberapa tahun terakhir ini semakin positif,” tulis laporan survei nasional mengenai hubungan dan kencan di era digital.

Survei tersebut dilakukan melalui wawancara telepon terhadap 2.252 orang berusia 18 tahun ke atas di AS. Para responden ditanya pengalaman mereka melakukan kencan online.

Hampir 38 persen orang Amerika yang sekarang melajang dan aktif mencari pasangan mengaku pernah menggunakan situs kencan online. Lajang yang berpendidikan sampai perguruan tinggi dan berusia 20-40 tahun merupakan profil pengguna situs kencan terbanyak.

Dibandingkan dengan 8 tahun lalu, para pengguna situs kencan online di tahun 2013 ini mengaku tak ragu untuk “kopi darat” dengan orang yang dikenalnya di situs tersebut. Jumlahnya meningkat dari 43 persen di tahun 2005 menjadi 66 persen.

Selain itu kesan mereka terhadap kencan online juga semakin positif. Sebanyak 59 persen responden mengatakan setuju dengan pernyataan bahwa kencan online adalah cara yang baik untuk bertemu orang baru. Di tahun 2005 jumlahnya hanya 43 persen.

Sementara itu hanya 21 persen responden yang setuju dengan pernyataan bahwa kencan online hanyalah untuk orang-orang yang putus asa mencari jodoh. Jumlah tersebut turun dari 29 persen di tahun 2005.

Salah satu keuntungan dari kencan online adalah aksesnya sangat luas sehingga Anda bisa bertemu dengan orang dari berbagai belahan dunia lain. Anda juga bisa melakukannya di rumah sambil melakukan kegiatan lain.

Jika Anda juga tertarik untuk mencari pasangan secara online, bergabunglah dengan situs-situs kencan tersebut. Tetapi berkenalan secara online tentu berbeda dengan kenal di dunia nyata. Karena itu sebelum melakukan komitmen serius, kenali dulu secara dalam latar belakang dan keseriusannya.