Berhati-hatilah saat menghirup udara di sekitar!

Katakepo.blogspot.com – Udara begitu mudah Anda hirup dan bersentuhan dengan tubuh Anda. Udara juga menjadi kunci bagi Anda untuk tetap hidup. Sayangnya, di dalam udara mengandung polusi udara yang juga selalu ikut untuk Anda hirup. Padahal ada begitu banyak gas beracun yang terdapat di dalamnya. Tak hanya dari asap kendaraan bermotor, sebab ada sumber lain juga yang termasuk dalam polusi udara.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah jenis polusi udara yang wajib untuk Anda waspadai berikut dengan bahaya yang terkandung di dalamnya.

SPM (Suspended Particulate Matter)

Suspended Particulate Matter atau yang biasa disingkat dengan SPM terdiri dari debu, asap, dan partikel polusi lainnya. Komponen kimia yang paling bahaya dari SPM adalah timbal. Termasuk pula nikel dan arsenik. Ketika partikel ini dihirup, maka mereka akan bersarang di jaringan paru-paru dan menyebabkan kerusakan paru-paru serta masalah pernapasan lainnya.

Asap rokok

Asap rokok merupakan polusi yang tidak bisa dengan mudah dihindari begitu saja. Patut diketahui pula bahwa asap ini dapat menyebabkan kanker tak hanya untuk perokok aktif, namun juga perokok pasif. Selain kanker, asap rokok juga mampu menyebabkan penyakit jantung, bronkitis, asma, dan sensasi terbakar di mata atau hidung.

Karbon monoksida

Karbon monoksida atau CO mampu menyatu dengan hemoglobin dalam tubuh Anda yang kemudian dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk melalui aliran darah ke paru-paru. Hasilnya bisa ditebak bahwa CO dapat mengganggu kesehatan paru-paru, darah, membuat refleks Anda mejadi lamban, dan bahkan menyebabkan kematian secara perlahan.

Timah hitam

Paparan timbal hitam yang berkepanjangan dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf, masalah pencernaan, dan pada kasus yang berat dapat menyebabkan kanker. Timbal juga sangat berbahaya bagi anak-anak kecil.

Radon

Radon adalah gas radioaktif yang bisa muncul di dalam rumah, karena ia berasal dari batuan dan tanah yang ada di dalam rumah. Paparan berlebihan terhadap radon meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Sulphur Dioxide

SO2 (sulfur dioksida) di udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. SO2 cenderung mengoksidasi dan membentuk asap asam sulfat. Paparan SO2 yang berlebih akan menyebabkan sesak napas.

Volatile Organic Compounds

Senyawa volatil dapat menyebabkan mata, hidung dan tenggorokan iritasi. Kasus yang parah karena paparan VOC dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, dan hilangnya koordinasi tubuh. Paparan VOC yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan kerusakan hati dan membahayakan bagian lain dari tubuh. Sumber VOC meliputi produk bangunan seperti karpet dan perekat, cat, pelarut dan produk perawatan pribadi seperti penyegar udara dan desinfektan kimia.

Itulah polusi udara mengerikan yang bisa Anda temui sehari-hari. Parahnya, polusi ini sama sekali tidak terlihat. Oleh karena itu berhati-hatilah saat Anda menghirup udara di sekitar Anda. Serta jangan lupa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam.