Binggung Memilih Kartu Kredit? Simak 3 Tips ini

Di zaman digital modern seperti sekarang ini, teknologi dan sistem yang ada kian serba praktis. Banyak metode dibuat semata-mata untuk membantu kehidupan manusia untuk menjadi lebih mudah. Salah satu teknologi tersebut adalah Kartu Kredit. Hanya dengan selembar kartu yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan mampu menyimpan duit berjuta-juta. Tentu saja sangat praktis. Anda tidak perlu khawatir membawa uang cash dalam jumlah banyak.

Bagi para pemula (newbie), kartu kredit umumnya menghasilkan dua opini berbeda dalam benak meraka. Yakni, baik dan buruk. Seperti pisau yang bisa memotong sayuran dengan baik pun demikian bisa membuat kita terluka jika tidak hati-hati menggunakannya; seperti itu pula kartu kredit. Jika tata kelola keuangan melalui kartu kredit bisa kita atur sedemikian rupa dengan baik, tentu tidak akan menjadi masalah di kemudian hari bagi para card holder (pemegang / pemilik kartu kredit).

Sekarang, hampir semua bank menerbitkan kartu kredit ini. Batas limitnya pun beragam, dari yang hanya 3 juta hingga yang puluhan juta ke atas. Hal ini merupakan indikasi bahwa kartu kredit ini memang oke dan bisa menjadi salah satu solusi dalam mempermudah user. Bagi para pemula, banyaknya ragam dan jenis kartu kredit ini akan membuat binggung, terutama bagi yang ingin mengajukan pertama kali. Berikut ini kami berikan 3 tips mendasar bagaimana Anda menentukan pilihan untuk kartu kredit yang akan anda apply, sebagai berikut:

  1. Sesuaikan dengan tingkat transaksi mu
    Jika Anda adalah orang yang memiliki transaksi yang banyak dalam satu hari, pilihlah kartu yang mempunyai reward entah poin atau ada bonus berupa promo seperti promo kartu kredit mandiri. Reward dan promo ini bisa berupa diskon harga pada toko atau produk tertentu.

    Promo Kartu Kredit Mandiri

    Promo Kartu Kredit Mandiri

  2. Sesuaikan dengan Life Style mu
    Life style atau gaya hidup wajib menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan kartu kredit. Misalnya, jika anda hobby berbelanja, coba cari kartu kredit yang memberikan cashback terbanyak atau diskon harga serta point reward. Eits, Anda hobi berpetualang? Pilih kartu kredit yang mendukung aktifitas travelling Anda misalnya yang memberikan fasilitas cicilan 0% untuk 3 bulan, atau menunggu pesawat di VIP lounge bandara kota-kota besar? Jika dikaitkan dengan gaya hidup, tentu jangan untuk memilih kartu kredit yang menawarkan biaya tidak tinggi agar bisa menghemat biaya pengeluaran tagihan. Kalau bisa, pilihlah kartu kredit yang menawarkan iuran tahunan GRATIS. Perhatikan juga biaya administrasi yang timbul (seperti biaya tarik tunai, biaya penggantian kartu, atau biaya over limit), pilih kartu kredit yang menawarkan biaya rendah perbulan atau pertahunnya. Tuh kan, banyak sekali jenis kartu kredit dengan beragam promo yang diberikan. Silakan pilih sesuai dengan keperluan Anda. Keep looking!
  3. Pilih dengan Fasilitas Terbaik
    Jika 1 dan 2 sudah Anda tentukan, tentu hasilnya akan mengerucut. Jika demikian, pilihlah kartu kredit dari bank yang menawarkan fasilitas terbaik. Fasilitas ini bermacam-macam, ada asuransi kecelakaan, vip airport lounge, dan mungkin fasilitas lain yang bisa saja penting bagi Anda. Jika anda adalah pribadi yang suka travelling, kartu kredit yang menawarkan fasilitas asuransi tentu menjadi pilihan yang bermanfaat nantinya..

Itu tadi 3 hal sebagai panduan dasar dalam memilih kartu kredit pertamu mu. Jangan malu untuk bertanya. Pelajari lebih dalam setiap aturan ataupun penawaran yang disajikan oleh pihak kartu kredit.

Binggung Memilih Kartu Kredit? Simak 3 Tips ini | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply