Bukan iPad 5, melainkan iPad Air

Katakepo.blogspot.com – Apple secara resmi meluncurkan iPad generasi ke-5 dalam acara di San Francisco, AS, pada Selasa (22/10/2013) waktu setempat. Perangkat tablet terbaru ini mengalami perubahan nama menjadi “iPad Air”, bukan iPad 5.

Sesuai dengan namanya, iPad Air mengusung dimensi fisik yang lebih tipis dan ringan dari pendahulunya. iPad Air berbobot 1 pon (sekitar 450 gram) dibanding iPad generasi ke-4 dengan angka 1,4 pon (sekitar 660 gram). Ketebalan iPad Air yang hanya 7,5 mm pun diklaim 43 persen lebih tipis daripada produk terdahulu.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, Apple pun berani menyebut iPad Air sebagai tablet “full-size” teringan di dunia.

Di samping ketebalan dan bobot yang berkurang, iPad Air turut mengalami perubahan dari segi tampilan fisik. Bingkai layar pada sisi kanan dan kiri perangkat ini dipangkas ukurannya sehingga iPad Air terlihat seperti iPad Mini berukuran besar. Dimensi layarnya sendiri tetap dipertahankan oleh Apple, yaitu selebar 9,7 inci.

Rupa iPad Air boleh dibilang hampir sama persis dengan yang sempat dibocorkan lewat video beberapa waktu lalu.

Di dalamnya, perangkat ini diperkuat komponen-komponen hardware terbaru Apple, termasuk prosesor 64-bit A7 dan prosesor khusus untuk mengolah data dari sensor, M7. Dua cip itu juga dipakai di iPhone 5S.

Fitur lain dari iPad Air mencakup kamera iSught 5 megapiksel, kamera facetime 1080p, dan dual mic. Daya tahan baterainya disebut bisa mencapai 10 jam.

iPad Air dijadwalkan mulai tersedia pada 1 November mendatang di sejumlah negara di dunia, termasuk China, yang untuk pertama kalinya masuk daftar para penerima pertama gadget baru dari Apple.

Harga iPad Air dipatok mulai 499 dollar AS untuk versi 16 GB Wi-Fi only dan 629 dollar AS untuk versi 16 GB Wi-Fi + LTE. Pilihan warnanya adalah abu-abu-hitam dan silver-putih.