Cara Aman Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Memiliki bayi yang sedang pilek memang membuat kita sebagai orang tua merasa cemas dan kasihan terhadap bayi kita, apalagi ketika bayi sudah mulai rewel ketika hidungnya tersumbat. Hidung tersumbat pada bayi memang sudah bisa di alami ketika bayi mengalami flu, akan tetapi hal ini akan membuat sang bayi menjadi rewel dan tidak nyaman. Nah maka dari itulah kita pun sebagai orang tua harus sigap dan tanggap dalam mengatasi masalah hidung tersumbat yang dialami oleh bayi kita.

mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Untuk mengatasi hidup tersumbat pada bayi ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan juga benar. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasinya:

  1. Lakukan penguapan pada bayi
    Cara ini adalah salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Caranya adalah dengan memberikan uap yang didapatkan dari campuran tetesan minyak telon di campur dengan air panas. Kita bisa meletakkan air panas yang sudah di campur dengan minyak telon tadi di pojok ruangan dan biarkan bayi menghirup uap tersebut. hal seperti ini setiddaknya dapat membantu sang bayi untuk dapat melegakan hidung tersumbatnya.
  1. Menghangatkan tubuh bayi
    Anda bisa memberikan rasa hangat pada sang bayi dan bisa memandikan bayi dengan menggunakan air hangat dan menjemurnya di pagi hari. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk dapat membantu sang bayi dalam melegakan hidung yang sedang tersumbat. Sebelum bayi tidur, kita pun bisa memberikan minyak telon pada bagian dada, perut dan juga punggung sang bayi dengan melakukan pemijatan lembut pada bayi.
  1. Atur posisi tidur sang bayi
    Pada saat sang bayi sedang mengalami hidung tersumbat, maka posisi tudurnya bisa kita atur untuk dapat melegakan hidungnya. Kita bisa memiringkan sang bayi ketika sedang tidur kea rah bagian hidung yang sedang tersumbat. Akan tetapi posisi kepala sang bayi harus lebih tinggi dari tubuh untuk memaksimalkan posisi tidurnya.
  1. Pijat bagian hidung bayi
    Kita bisa memikat bagian atas pada hidung bayi dengan lembut dan di lanjutkan ke bagian alis dengan menggunakan minyak telon. Hal ini akan dapat membantu melegakan hidung yang sedang terumbat. Agar lender dari hidung bisa keluar, maka kita pun dapat menekannya dengan lembut dengan menggunakan cotton bud di bagian sekitar hidung. Akan tetapi kita pun harus sangat berhati-hati ketika melakukan cara ini.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang aman. semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda dan bisa di praktekkan di rumah tanpa ada resiko.

Cara Aman Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply