Cara Mencuci Baju Bayi yang Benar dan Baik

Mempunyai seorang anak yang masih bayi adalah anugerah bagi ayah dan bunda. Meski begitu, pada pasangan yang baru menikah kemudian memiliki anak, ternyata cukup banyak yang kerepotan dalam mengatur perlengkapan si kecil, tidak terkecuali cara mencuci baju bayi yang benar, baik dan aman.

Ketika Anda memilih-milih baju si kecil, coba lihat label yang menyertainya. Biasanya ada cara atau saran pencucian terhadap baju / pakaian tersebut. Mencuci baju si bayi juga bisa dilakukan dengan tangan, akan tetapi tentunya akan memerlukan lebih banyak energi dan waktu. Terlebih bagi orang tua yang bekerja keduanya. Untuk itu, beli baju bayi yang memiliki bahan yang bisa dibersihkan oleh mesin cuci.

Cara Mencuci Baju Bayi yang baru lahir

Hal-hal yang Diperhatikan Ketika Mencuci Baju Bayi

Deterjen yang tepat
Beberapa bayi memerlukan deterjen “spesial” untuk baju yang digunakan sehari – hari. Apalagi bagi bayi dengan kulit yang lebih sensitif karena lebih beresiko terkena alergi. Teruntuk bayi yang tidak memiliki alergi, masih bisa menggunakan deterjen umum yang dipakai di rumah. Jika memungkinkan, pilihlah deterjen dalam bentuk cair agar mudah dibilas. Bisa ditambahkan pelembut jika perlu.

Bahan Pakaian
Seperti yang disebutkan di atas, jika menggunakan mesin cuci, pastikan bahan bajunya memang bisa dicuci dengan mesin cuci.

Temperatur Air
Jika bisa, baju bayi lebih ideal dicuci pada air dengan suhu hangat (30-40ºC). Jika sulit, air bersuhu normal juga tidak mengapa.

Rendam Baju untuk Noda yang Sulit Hilang
Yang namanya baju bayi, tentu tidak lepas dari yang namanya noda seperti susu hingga muntah atau buang air. Jika ada noda, secepatnya dicuci. Jika noda terlanjur menempel, coba rendam baju tersebut dengan air yang sudah dilarutkan deterjen.

Popok kain dicuci terpisah
Khusus popok kain, hindari penggunaan deterjen berbahan kimia keras. Gunakan air panas dan deterjen spesial untuk bay. Bilaslah popok kain paling tidak 2x sehingga sisa deterjen hilang. Saat mencuci, pisahkan dengan baju yang lain.

Semua hal di atas dilakukan karena bayi yang baru lahir mempunyai jenis kulit yang sebagian besar sensitif. Sehingga, cara mencucinya pun tidak sama dengan baju ayah atau bunda. Yang terpenting, selalu perhatikan bahan baju pakaian bayi ketika hendak mencuci. Jika terjadi alergi atau iritasi, segera konsultasikan ke dokter anak agar bayi tetap sehat dan nyaman selama proses tumbuh kembangnya.

Cara Mencuci Baju Bayi yang Benar dan Baik | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply