Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

BLoGkita – Mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya memang merupakan kebutuhan setiap orang, tapi untuk mendapatkan hal tersebut memang agak sulit. Contohnya mencari pekerjaan, persaingan yang ketat dan kuota kebutuhan karyawan yang biasanya sedikit. Dibutuhkan skill dan kepribadian yang baik untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan, apalagi perusahaan besar atau perusahaan multinasional.

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Selagi melakukan proses lamaran kerja di perusahaan-perusahaan, tak ada salahnya anda juga mencoba membuat usaha untuk mengisi waktu luang sekaligus melatih kemampuan manajemen anda. mungkin jika anda tidak punya modal anda akan cari pinjaman modal usaha lagi karena biasanya sangat mudah, apalagi sekarang ada pinjam uang online cepat dari berbagai platform seperti momaju.

Tapi, jika anda ingin mencoba untuk mendapatkan dana dari pemerintah, anda bisa mencobanya dan melengkapi persyaratan berikut:

  1. Buktikan tempat usaha anda dengan mendokumentasikan tempat usaha anda. Tentunya usaha anda ini harus sudah berjalan selama kurang lebih enam bulan. Dokumentasikan berupa foto dari sisi jalan, tampak depan, ruangan dalam usaha serta proses produksi usaha anda. Kemudian kompres kedalam bentuk file format pdf dengan ukuran maksimal 3 mb.
  2. Jika anda ingin mengajukan modal usaha ke pemerintah, pastikan anda belum pernah menerima dana bantuan serupa dari manapun, termasuk dari UKM atau koperasi. Ini harus dibuktikan dengan surat pernyyataan yang sudah di tandatangani. Dokumen ini pun harus dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 3 mb
  3. Anda harus berusia maksimal 45 tahun untuk mengajukan pemodalan dari pemerintah.
  4. Latar belakang Pendidikan juga penting, anda harus memiliki latar belakang Pendidikan SLTP atau sederajat, ini harus dibuktikan dengan ijazah dengan bentuk file pdf dan maksimal berukuran 3 mb.
  5. Usaha anda harus memiliki legalitas izin usaha mikro kecil atau IUMK dari kantor kelurahan setempat.
  6. Jika anda memiliki usaha, anda juga wajib memiliki NPWP (nomor pokok wajib pajak) yang masih aktif atas nama anda (penerima bantuan/pengaju proposal) dan file nya harus berbentuk pdf juga.
  7. Memiliki tabungan aktif di bank pemerintah.