Cara menggunakan BBM di Android

BlackBerry akhirnya menepati janjinya. Perusahaan asal Kanada ini telah “melepas” salah satu fitur andalannya, BlackBerry Messenger (BBM), ke platform lain, yaitu Android dan iPhone. 

Aplikasi BBM untuk Android sendiri dirilis di toko aplikasi Google Play Store pada Selasa, 22 Oktober 2013, terlambat sekitar satu bulan dari waktu yang direncanakan. Sejatinya, aplikasi ini sudah bisa dinikmati pada 21 September lalu.

Saat menjalankan aplikasi ini untuk kali pertama setelah di-install, BBM menampilkan laman konfirmasi e-mail terlebih dahulu. 

Pengguna yang sudah mendaftar sebelumnya di BBM.com bisa langsung menggunakan aplikasi ini, setelah memasukkan alamat e-mail di kotak yang tersedia.

Mereka yang belum mendaftar harus mengantre terlebih dulu untuk mendapatkan hak akses ke aplikasi. Cara untuk mendaftarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan alamat e-mail  di kotak yang tersedia. 

Ketika giliran pengguna yang bersangkutan sudah tiba, BlackBerry akan mengirim e-mail, dan pengguna diminta kembali mengonfirmasi lewat aplikasi BBM.

Setelah mendapat giliran, Anda akan dihadapkan dengan layar “Sign In”. Untuk masuk ke aplikasi ini, dibutuhkan BlackBerry ID. Jika Anda sudah memiliki akun tersebut, langsung saja klik “Sign In” (klik kotak kedua di halaman tersebut), kemudian masukkan ID beserta kata sandi. Setelah usai, pengguna dapat langsung memanfaatkan semua fitur yang ada. 

Jika belum memiliki BlackBerry ID, maka Anda bisa langsung membuatnya melalui pilihan pertama di halaman tersebut. Proses pembuatannya sendiri tidak terlalu sulit, cukup mengisi beberapa data, seperti alamat e-mail dan kata sandi. Setelah selesai, Anda bisa langsung menuju ke proses “Sign In”.

Setelah proses tersebut berhasil dilakukan, aplikasi ini akan memakan waktu beberapa menit untuk melakukan beberapa pengaturan. Sistem akan memindahkan daftar teman dari perangkat BlackBerry lama ke perangkat Android. 

Waktu pemindahan ini akan berbeda di setiap perangkat. Apabila BlackBerry ID yang dimasukkan terdiri dari puluhan hingga ratusan kontak, maka dijamin prosesnya akan lebih lama dibanding ID yang hanya memiliki sedikit kontak. 

Bagi BlackBerry ID baru, proses pengaturan ini tidak akan berjalan lama.


Sumber : kompas

Cara menggunakan BBM di Android | 71mm0 | 4.5