Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Walau kesadaran masyrakat akan asuransi untuk mobil pada bebrapa tahun terakhir ini, lebih tinggi daripada tahun-tahun lalu, tapi walau begitu ternyata pemahaman masyarakat akan asuransi ini masih sangat jauh. Contohnya saja seperti manfaat dari jaminan terlengkap ini atau bagaimana cara menghitung biaya premi asuransi mobil. Tidak jarang malah banyak masyarakat yang tertipu karena biaya premi tersebut malah tiba-tiba melambung tinggi, padahal untuk klaimnya saja sangat susah.

Dengan kejadian seperti itu, tidak jarang banyak masyarakat yang menjadi tidak percaya, dengan asuransi kendaraan roda empat ini. Sebenarnya, kita bisa bilang ini bukan mutlak kesalahan nasabah atau perusahaan itu sendiri, hanya saja ada baiknya perusahaan asuransi lebih terbuka kepada masyarakat, bagaimana sebenarnya perhitungan premi asuransi mobil tersebut, agar para nasabah tidak buta akan hal tersebut.

perhitungan asuransi mobil termurah

Jika seperti itu kan, banyak yang menjadi percaya kepada perusahaan asuransi. Selain harganya dapat dihitung dan diketahui oleh nasabahnya, untuk klaim asuransi mobil pun juga akan lebih mudah lagi, semakin bertambah pula pengguna asuransi.

Untuk Membantu anda berikut kami akan beritahu kepada anda, berikut cara untuk menghitung asuransi kendaraan yang sesuai dengan Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keungan) pada tahun 2015 lalu, dimana perhitungan biayanya disesuaikan dengan rate-rate OJK. Ada 3 hal yang menentukan premi asuransi yaitu usia suatu kendaraan, wilayah kendaraan dan yang terakhir adalah harga kendaraan terkait.

Sedangkan untuk perhitungannya mari kita buat terdahulu sebuah permisalan, contoh anda baru saja membeli suatu mobil dengan harga Rp 250 juta (kategori 3) dan anda ingin mobil tersebut diberi asuransi mobil paket All Risk, anda tinggal di Jakarta (wilayah 2). Bedasarkan wilayah dan harga mobil tersebut, jika kita menghitungnya menggunakan rate atas maka ratenya ialah 1,88%.

Berikut perhitungannya preminya, yaitu:

Rp 250 juta * 1,88% = Rp 4.700.000/tahun

Berarti berdasarkan perhitungannya tersebut dalam 1 tahun anda harus membayar Rp 4,7 juta. Bagaimana cukup murah bukan? Karena dengan biaya premi tersebut anda akan mendapatkan biaya pertanggung sesuai dengan nilai beli mobil yang anda miliki. Sebenarnya, yang kita gunakan adalah rate atas, harganya bisa lebih murah lagi untuk anda. Anda bisa memilih paket asuransi mana pun, harganya bisa anda sesuaikan dengan kemampuan maupun kebutuhan masing-masing.

Dengan harga premi seperti ini, tahukah anda jaminan apa saja yang bisa anda dapatkan? Jaminan yang bisa anda dapatkan adalah biaya kerusakan mobil bila mengalami kecelakaan seperti berbenturan, tergelincir, nabrak atau hal-hal buruk lainnya. Bayangnkan betapa besarnya kerugian yang anda alami, jika hal-hal seperti itu terjadi pada diri anda, berapa banyak uang yang harus anda keluarkan?

Tidak bila anda menggunakan asuransi mobil, karena semua kerugian tersebut sudah pasti ditanggung oleh pihak asuransi tersebut.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply