Cara Merawat dan Mengobati Luka Bakar Sedang

BLoGkiTa – Luka bakar sebenarnya ada beberapa tingkatan. Mulai dari luka bakar ringan, luka bakar sedang hingga luka bakar yang masuk dalam kategori berat. Apabila anda mengalami luka bakar dalam kategori sedang maupun berat, anda tidak boleh panik ketika menghadapinya. Sebenarnya seperti apa itu luka bakar sedang? Luka bakar kategori sedang adalah kondisi luka bakar yang menyebabkan adanya gelembung cairan di dalam kulit. Jenis luka ini terkadang membuat rasa sakit yang anda alami menjadi semakin parah. Gelembung cairan akan muncul sebagai pertanda bahwa luka yang anda alami cukup serius. Lalu bagaimana cara membalut luka bakar yang tergolong sedang supaya tidak salah dalam penangananya?

medium burn treatment

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika mendapatkan adanya jenis luka seperti ini, anda harus tenang. Jangan panik. Rasa sakit dan rasa nyeri akan muncul ketika anda merasakan panik. Kemudian ketika anda ingin menanganinya dengan benar adalah anda harus bersihkan terlebih dahulu luka bakar tersebut dengan air bersih. Apabila anda memiliki daun lidah buaya, maka anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai salah satu antibiotik alami untuk mencegah infeksi semakin parah. Jika tidak memilikinya, anda bisa pakaikan antibiotik khusus untuk luka. Namun saat anda membersihkannya, jangan pernah tergoda untuk memecahkan gelembung cairan yang terbentuk pada luka tersebut.

Gelembung cairan yang ada di dalam luka yang anda alami sebenarnya bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Sebab gelembung cairan tadi justru melindungi luka dari rasa sakit. Setelah penggunaan antibiotik, langkah berikutnya adalah tutup luka menggunakan kasa bersih. Tujuannya adalah untuk membantu agar antibiotik bisa bekerja lebih maksimal. Selain itu, penggunaan kasa bersih juga bertujuan agar udara tetap dapat masuk kedalam jaringan kulit sehingga tidak membuat luka tersebut menjadi semakin busuk akibat tidak terkena udara sama sekali. Setelah itu tutup dengan menggunakan plester Hansaplast yang dikenal memiliki kualitas yang sangat baik.

Itulah ulasan seputar cara membalut luka bakar sedang. Semoga bermanfaat.