Cara Mudah dan Hemat Merawat Mesin Mobil Manual Tanpa ke Bengkel

BLoGkiTa – Perawatan mobil harus tetap dilakukan agar awet dan tahan lama. salah satu perawatan pada mobil adalah perataan mesin. Bagi orang yang tidak mengerti mesin mobil biasanya akan membawa mobil ke bengkel.

Cara Mudah Merawat Mesin Mobil Manual

Akan tetapi Anda dapat melakukan perawatan mobil tanpa harus membawanya ke bengkel. Apalagi bila Anda terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan dan tidak punya waktu luang, maka beberapa cara berikut dapat Anda terapkan:

  • Cek starter. Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan mengecek starter. Bila tidak menyala ketika di starter mungkin terjadi kerusakan pada mesinnya. Bila mengalami hal ini Anda tidak perlu panik. Cobalah periksa filternya dengan melepas filter dan membersihkannya menggunakan kuas atau sikat gigi. Pasang kembali filter dan coba starter kembali mobil Anda.
  • Ganti oli secara rutin. Agar mesin mobil dapat awet dan tidak mudah terkena masalah maka gantilah oli secara rutin paling tidak 3 bulan sekali. Bila mobil Anda difungsikan untuk mengangkut barang-barang yang berat dan penggunaan mobil lebih sering maka sebelum 3 bulan oli harus sudah diganti. Bukan hanya oli pada mesin saja, tetapi oli pada power steering juga harus diperhatikan. Jangan menunggu hingga setir terasa berat ketika sedang mengemudi. Bila setir sudah terlanjur terasa berat berarti Anda harus segera mengecek dan memberi oli pada power steering. Perhatikan pula kebutuhan oli pada komponen lainnya yang terpisah dari mesin agar berkendara Anda selalu nyaman dan aman.
  • Cek air radiator secara rutin. Fungsi air radiator pada mesin mobil adalah menetralkan panas. Apabila air radiator kering mesin akan terlalu panas dan berakibat pada rusaknya mobil Anda. pastikan bahwa air radiator selalu terisi sehingga mesin mobil Anda selalu netral dan performa mobil Anda lebih maksimal dengan perawatan yang rutin.
  • Penuhi tangki bensin secara berkala. Cara perawatan mesin satu ini mungkin terkesan sepele. Akan tetapi bila ditinjau lebih jauh cara ini sangat baik untuk merawat salah satu komponen mesin. Tangki bensin yang tidak pernah terisi penuh, terdapat bagian yang tidak pernah terkena cairan bensin. Bagian tersebut bisa menimbulkan kerak dan kotoran yang dapat tercampur dengan bahan bakar. Kotoran yang tercampur dapat terbawa ke saluran pembakaran yang berakibat buruk pada mesin mobil Anda. Anda tidak harus memenuhi tangki bensin secara rutin. Anda hanya perlu sesekali waktu saja untuk menghindari timbulnya kerak pada tangki bensin mobil Anda.

Dengan demikian mobil manual Anda akan bisa berfungsi dalam waktu yang lebih lama dengan perawatan yang maksimal. Jadi jangan tunggu hingga mobil Anda bermasalah, lakukan pencegahan dengan perawatan yang rutin setiap saat. Bila Anda sudah melakukan perawatan sesuai prosedur tetapi masih menemukan masalah sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.