Celuuup Baaa! Ini Dia 10 Manfaat Teh Celup


Khasiat teh untuk menenangkan diri memang sudah cukup terbukti. Sederatan manfaat lainnya juga bisa didapatkan dari kandungan-kandungan yang terdapat di dalam teh tersebut.

Seperti contoh, teh hitam berguna untuk membantu pembekuan darah dan mengurangi tekanan darah karena mengandung zat tanin yang cukup tinggi.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Berbagai jenis teh memang miliki khasiatnya masing-masing. Namun, tahukah Anda bahwa teh celup pun memilih banyak manfaat?

Dibawah ini 10 manfaat teh celup yang akan membuat anda menyesal karena telah membuang teh celup dan tidak sempat memanfaatnya secara maksimal.

1. Kanker Luka
Kerap kali, kanker luka muncul di sekitaran mulut dan sangat menyakitkan. Untuk mengobatinya dengan proses yang cukup cepat, Anda bisa menggunakan teh hitam celup dan air hangat. Diamkan teh celup di mulut untuk beberapa waktu.

2. Mata Panda
Mata bengkak yang biasa disebut dengan mata bengkak bisa dihilangkan dengan menggunakan teh cekup dingin di atas kelopak mata selama beberapa menit. Cara ini bisa membantu menenangkan mata panda tersebut.

3. Menenangkan Kulit Terbakar
Menggunakan kantung teh hitam bisa membantu meringankan rasa sakit yang diakibat oleh terpaparnya sinar matahari. Caranya, cukup dengan menempelkan pada bagian yang terkena paparan matahari.

4. Menyembuhkan Sengatan Serangga
Gunakan kantung teh hitam atau hijau dapat membantu menenangkan peradangan dan rasa sakit akibat disengat serangga. Sebelumnya, rendam dahulu di dalam air hangat.

5. Iritasi Kulit
Nempelkan teh celup selama sekitar 10 menit di kulit yang iritasi dapat membantu mengurangi pembengkakan dan warna merah.

6. Kesehatan Mulut
Rendam teh celup jenis peppermint di dalam air hangat, kemudian berkumurlah dengan air tersebut. Niscaya, masalah kulut bisa teratasi.

7. Mengusir Kutil
Tingkat keasaman dalam tanin yang terkandung dalam teh hitam berguna untuk mengusir kutil. Lakukan rutin dan ganti teh celup rutin sampai kutil hilang.

8. Mengobati Memar
Tanin pun dapat berguna untuk menyempitkan pembuluh darah dan mempercepat proses penyembuhan. Tekan kantong teh hitam yang telah direndam di air hangat beberapa kali per hari untuk membantu mengecilkan jaringan bengkak.

9. Mengusir Bau
Gunakan kantung teh hitam untuk menghilangkan aroma bawang yang tertinggal di jari sesaat setelah memasak.

10. Membuat Rambut Berkilau
Buat campuran dari 6 kantun teh hitam per liter air dan bilas ke rambut ketika mandi.