Cerita SBY soal Belut Licin Rahasia untuk “Kalahkan” Amerika Serikat

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan sebuah kisah tentang rahasia militer Indonesia bisa mengalahkan Amerika Serikat dalam sebuah latihan bersama. 

Kisah itu disampaikan Presiden saat berpidato di hadapan kadet Akademi Militer AS (The United States Military Academy), di West Point, Orange Country, Senin (22/9/2014) siang waktu AS atau Selasa (23/9/2014) dini hari waktu Indonesia.

Bagaimana kisahnya?

“Anda mungkin bertanya-tanya permainan apa yang membuat Indonesia bisa mengecoh kontingen lain, termasuk Amerika Serikat? Permainan tersebut adalah menangkap belut licin dan membawa mereka dari satu titik ke titik lain,” kata SBY, disambut tepuk tangan dan tawa para kadet.

Menurut SBY, seperti dikutip dari situs presidenri.go.id, ia diyakinkan oleh petugas intelijen bahwa Indonesia akan mengalahkan AS dalam permainan belut.

“Sekarang Saudara tahu rahasianya dan saya takut mungkin permainan ini dijadikan sebagai bagian dari pelatihan dasar. Jadi, lain kali, Saudara bisa mengalahkan kontingen Indonesia. Mungkin,” ujar SBY.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY juga berpesan kepada AS yang merupakan negara adidaya untuk bertanggung jawab besar membantu menciptakan dunia yang damai, adil, dan makmur.

“Dunia memiliki harapan yang tinggi pada AS, pada kepemimpinan-kepemimpinan yang konstruktif, bijaksana, dan bermanfaat bagi semua bangsa,” kata Presiden.

Ia juga mendoakan agar semua kadet Akademi Militer AS suatu hari kelak menjadi patriot, prajurit, dan pemimpin militer yang sukses dan menjadi pasukan penjaga perdamaian untuk kemajuan negara dan dunia.

Sumber : Kompas