China bakal larang orang HIV-AIDS ke pemandian umum dan spa

Katakepo.blogspot,com – China bakal membuat peraturan melarang orang terinfeksi virus HIV-AIDS mengunjungi pusat pemandian air panas, pemandian umum, dan spa. Rancangan kebijakan ini telah diunggah di Internet.
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (16/10), selain mereka terjangkit HIV-AIDS, kebijakan ini juga melarang mereka mempunyai penyakit seksual menular dan penyakit kulit.
Rancangan aturan ini mendapat kutukan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menangani masalah AIDS (UNAIDS) dan memicu kemarahan pegiat hak asasi.
Ini contoh terbaru dari diskriminasi pada pengidap AIDS di negara berpenduduk terpadat sejagat. Sebelumnya Negeri Tirai Bambu itu melarang orang terjangkit HIV menjadi pegawai negeri sipil dan pegawai swasta bisa kehilangan pekerjaan jika manajemen mengetahui mereka hidup dengan AIDS.
Koordinator UNAIDS di China Hedia Belhadj mengatakan dia prihatin dengan aturan diusulkan departemen perdagangan dan telah diunggah di Internet oleh dewan negara China saat ini. “Saya menyerukan unggahan ini dihapus. Tidak satu pun bukti menunjukkan orang mengidap HIV-AIDS memberikan risiko menular di pemandian umum atau spa,” ujarnya.
Dia juga mendesak agar orang dengan HIV-AIDS diberikan akses layanan publik sama dengan warga lainnya. Pegiat mengatakan jika kebijakan ini disahkan maka akan mempengaruhi sekitar 780 ribu penduduk China dengan HIV-AIDS.
Direktur anti diskriminasi dan keadilan bermarkas di Provinsi Nanjing mengatakan hukum ini harus diubah. “Jika semua lembaga swadaya masyarakat tahu mereka akan melawan,” ujarnya.
Bahkan lebih ekstrem China pernah melarang orang asing positif HIV-AIDS masuk ke negaranya. Namun peraturan ini sudah dicabut. Meski demikian, Belhadj mengatakan penyebaran diskriminasi pada penderita AIDS sudah sangat luas. Ini harus ditangani serius oleh pemerintah.