CLOSE QUARTES COMBAT EXERCISE KOPASKA TNI AL DAN US NAVY SEALs DI KAMPUS UPB SURABAYA

Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL mengadakan latihan pertempuran jarak dekat/ Close Quartes Combat (CQC) di Kampus Universitas Putra Bangsa, Surabaya, Selasa (17/06). 
Kegiatan ini merupakan rangkaian Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 14-1 Joint Combain Exercise Training (JCET) T.A 2014, antara Kopaska TNI AL dengan US Navy SEALs.

Empat tim gabungan pasukan katak dari Satkopaska Koarmatim dan Satkopaska Koarmabar bersama tim Navy SEALs melakukan manuver taktis menyusuri lorong-lorong gelap di Kampus UPB yang terletak dikawasan Jl. Arief Rahman Hakim 107-109, Surabaya. 
Tim gabungan pasukan khusus kedua Angkatan Laut ini mengkombinasikan taktik pertempuran jarak dekat menjadi sebuah strategi baru dalam menghadapi berbagai ancaman dari pihak musuh.

Peserta latihan dari kedua negara saling bertukar ilmu dan pengalaman tentang teknik dan taktik peperangan jarak dekat sesuai yang pernah mereka alami dalam medan tempur yang sesungguhnya. Rencanaya latihan CQC dilaksanakan selama satu minggu mulai tanggal 17 hingga 23 Juni 2014.

“Latihan perang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan prajurit Kopaska dalam memahami dan merencanakan suatu operasi, fungsi komado dan pengendalian, prosedur komunikasi serta koordinasi dengan unsur – unsur terkait lainnya”, kata Komandan Satkopaska Koarmatim Kolonel Laut (E) Yudi Bramantyo.

(Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir)
Sumber : Koarmatim