Danskadron Dilantik, Skadron Udara 16 Roesmin Nurjadin Pekanbaru Resmi Dioperasikan

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI IB Putu Dunia secara resmi melantik Komandan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Letkol (Pnb) Firman Dwi Cahyo di Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Rabu (3/12/2014).

Selain pelantikan, Kasau juga langsung melakukan peresmian Pengoperasian Skadron Udara 16. “Alat kelengkapan untuk pengamanan kedaulatan wilayah udara Republik Indonesia terus kita tingkatkan. Salah satunya dengan pengoperasian skadron udara 16 ini,” kata Kasau.

Sebanyak 16 pesawat Tempur Sergap jenis F-16 C/D 52ID akan didatangkan untuk menguatkan pengamanan kedaulatan dan kesatuan wilayah udara oleh Skadron Udara 16 Roesmin Nurjadin.

16 pesawat tersebut merupakan 24 dari hibah yang diterima Pemerintah Indonesia dari Amerika Serikat. Sementara sisanya 8 pesawat lagi akan ditempatkan di Skadron Udara 3.

Saat ini baru 5 dari 16 pesawat F-16 yang sudah berada di Skadron 16 Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Kedatangannya bertahap dan akan terpenuhi pada 2015 mendatang. “Kita berharap Skadron 16 bisa melaksanakan tugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara sesuai dengan hukum nasional dan internasional yang sudah diretifikasi,” tegas Kasau.

Dijelaskannya, penguatan pengamanan udara dengan menempatkan Sakdron Udara 16 berangkat dari letak Pekanbaru yang cukup strategis untuk wilayah pengamanan kedaulatan dan keutuhan Republik Indonesia.

Pesawat Tempur Sergap jenis F-16 C/D 52ID tersebut memiliki keunggulan melakukan kegiatan multirool. Bisa difungsikan untuk pertahanan, pertempuran dan operasional lainnya di udara.

“Juga memiliki kemampuan bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara,” sambung Kasau.

Dengan hadirnya 5 pesawat tempur tersebut, kata Kasau, Skadron Udarta 16 sudah dapat beroperasi secara terbatas. “Maksimalkan fasilitas yang ada. Selalu lakukan pembinaan satuan, kemudian prioritaskan keselamatan kerja. Saya titipkan Skadron 16 untuk menjadi keluarga Riau,” pesan Kasau

Sumber : Riau