Demonstrasi Sailing Pass dan Terjun Payung Semarakkan Harnus 2013

Demonstrasi Sailing Pass dan Terjun Payung siap menyemarakkan puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) 2013 yang akan berlangsung di Anjungan Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, pada 15 Desember 2013.
 
Kesiapan tersebut telah dibuktikan oleh para pelaku maupun segenap panitia saat melakukan gladi kotor serangkaian kegiatan Sailing Pass dan Terjun Payung, di anjungan tersebut, Kamis (13/12/2013).
Gladi yang mampu menyedot perhatian dan menjadi tontonan khusus para pelajar serta masyarakat sekitar itu berjalan lancar sesuai dengan program yang sudah disepakati bersama antara panitia dengan para pelaku.
Latihan tahap pertama yang rencana akan disusul dengan latihan tahap kedua atau gladi bersih pada Sabtu (14/12) mendatang, dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Parade dan Sailing Pass Hari Nusantara 2013 Kolonel Laut (P) Didik Setiono, yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Pembantu 2 Operasi Staf Operasi Angkatan Laut (Paban 2 Ops Sopsal), berkedudukan di Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta.
Unsur-unsur kapal perang yang terlibat dalam gladi kotor Sailing Pass terdiri dari 12 unsur, yakni: 1 unit kapal kelas Van Speijk (VS), 1 unit kelas Sigma, 1 Landing Platform Dock (LPD), 2 Kapal Cepat Rudal (KCR), 5 Fast Patrol Boat (FPB), dan 2 Patroli Cepat (PC).
Adapun nama-nama kapalnya adalah: KRI Abdul Halim Perdanakusuma (AHP)-355, KRI Sultan Hasanuddin (SHN)-366, KRI Surabaya (SBY)-591, KRI Rencong (RCG)-622, KRI Keris (KRS)-624, KRI Ajak (AJK)-653, KRI Hiu-804, KRI Kakap-811, KRI Pandrong (PDG)-801, KRI Kerapu (KRP)-812, KRI Birang (BRG)-813, dan KRI Suluh Pari (SLP)-809.
Selain Sailing Pass, gladi juga diikuti dengan atraksi terjun payung Free Fall oleh 14 penerjun pilihan dari Batalyon Intai Amfibi-1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang mendarat di atas geladak KRI Surabaya-591 yang sedang melaju di Perairan Teluk Palu dalam rangka ambil bagian pada ajang unjuk keterampilan di hari yang cukup bersejarah ini.
Sementara itu masih dalam rangka turut menyemarakkan Hari Nusantara 2013, Jalasenastri dari jajaran Lantamal Vl Makassar yang tergabung dalam pengurus kapal pintar telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk turut memeriahkan peringatan Hari Nusantara 2013 dengan melibatkan diri dalam pameran nusantara expo 2013, di halaman TVRI Palu, Sulteng.
Berkat kerja keras dan kerja cerdas para pengawaknya, majalah produk Dinas Penerangan Angkatan Laut ini telah mampu menerobos berbagai tantangan hingga berhasil meraih juara 3 Anugerah Media Humas (AMH) 2013, di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Sumber : Tribun