Dentuman Keras Hebohkan Makassar, Ternyata Suara Sukhoi Latihan

Bum! Dentuman keras terdengar di Makassar, Gowa, dan sekitarnya. Warga heboh dan kirim pesan berantai ke teman-teman. Ada yang menyebut gunung meletus, ada yang menduga pesawat jatuh. Ternyata pesawat Sukhoi sedang latihan.

Suara terdengar di Kota Makassar dan kawasan pesisir, Selasa (20/1/2015) pagi. Ada yang melaporkan, suara itu diiringi getaran. Tak heran, warga kaget dan penasaran. Beberapa menulis status di BBM dan media sosial.

Kepala Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Mayor Agus Salim mengatakan, suara yang didengar warga itu kemungkinan besar bersumber dari pesawat Sukhoi yang melintas. “Sukhoi terbang antara pukul 10.00 Wita-11.00 Wita. Itu latihan rutin,” tutur Agus saat dikonfirmasi detikcom.

Agus tak menjelaskan jumlah Sukhoi yang latihan. Ia hanya memastikan latihan pesawat tersebut menimbulkan ‘sonic boom’. Suaranya seperti dentuman.

“Itu efek biasa, sonic boom namanya,” katanya.

Sukhoi terbang dari Lanud Sultan Hasanuddin. Saat ini, pesawat tempur buatan Rusia itu sudah berada di hanggar. Beberapa waktu lalu, peristiwa serupa juga terjadi tapi tak seheboh hari ini.

Sumber : Detik