Di Lanud Adisutjipto, Kasau India Kagumi The Jupiters

Rombongan Angkatan Udara India (Indian Air Force) mengunjungi Lanud Adisutjipto, Selasa (25-26/11). Rombongan yang dipimpin oleh Chief of Air Staff Indian Air Force, Air Chief Marshal Arup  Raha  ini disambut langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Yadi I Sutanandika, M.S.S.  
 

Rombongan yang terdiri dari pejabat teras termasuk Ibu Kepala Staf Angkatan Udara India Mrs Lily Raha ini selanjutnya langsung menuju AAU untuk melihat dari dekat pola pendidikan Taruna TNI Angkatan Udara. Usai makan siang Kasau India menuju Wing pendidikan Terbang yang didampingi langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto. 
Marsekal Pertama TNI Yadi I Sutanandika, M.S.S. Dalam penerimaannya, Komandan Lanud Adisutjipto didampingi  oleh Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Ign. Wahyu Anggono, SE, Kadislog Lanud Adisutjipto Kolonel Tek Suryanto dan Kadispers Lanud Adisutjipto Letkol Pnb Arif Hartono serta sejumlah pejabat Lanud Adisutjipto. Sedang rombongan tamu yang mendampingi Air Crmde Manish Khan VM Air Officers Commanding Air force Station Bidar, dan Gp Capt P Ghana.

Kedatangan Kasau India dan para pejabat teras Angkatan Udara India ini merupakan kunjungan persahabatan antara kedua negara. Kunjungan ke Lanud Adisutjipto merupakan upaya menjalin hubungan antara kedua negara, terutama perkembangan penerbangan di kedua negara. 
Selama di Yogyakarta rombongan mengunjungi Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, AAU, Borobudur dan pertunjukan Ramayana di Candi Prambanan selanjutnya Rombongan akan melanjutkan lawatannya ke Pulau Dewata Bali.

Di sela-sela Kunjungannya Kasau India menyempatkan poto diatas cockpit pesawat KT -01 Wong Bee, dan merasa tertarik dan kagum  dengan kebolehan “The Jupiters” apalagi The Jupiters ini telah memeriahkan event-event dunia. Beliau juga sempat menawarkan untuk mengundang The Jupiters tampil di negara India. “ya kita tunggu perintah” tegas Danlanud Adisutjipto.

Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa “kunjungan ini dapat menjadi sarana tukar menukar informasi kedua belah pihak baik TNI AU maupun Indian Air Force”.
Selanjutnya Komandan juga berharap bahwa kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dalam beberapa aspek yang mendorong kemajuan Angkatan Udara kedua negara yaitu India dan Indonesia pada khususnya, serta kerjasama militer di area Asia Pasifik pada umumnya.
Sumber : TNIAU