Di Tengah Latihan, Kopassus Evakuasi 2 Nelayan yang Terapung 2 Hari 1 Malam

Tim Pasukan katak Satuan 81 Kopassus mengevakuasi 2 orang nelayan yang kapalnya karam dihantam ombak di Laut Jawa. Sudirman (25) dan Irwan (23) ditemukan terapung-apung di perairan Indramayu 03.15 WIB dan segera diangkat ke Kapal KRI Karimata-960 TNI AL.

“Saat kapal melintasi perairan Indramayu pukul 03.15 WIB. Terdengar suara minta tolong, tolong, tolong Bapak,” tutur Dantim Paska Sat 81 Kopassus Kapten Inf Sudarno dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (7/3/2015).

Praka Jumeri dan Praka Aris Supriyanto beserta Prajurit TNI AL yang sedang jaga serambi juga mendengar suara ada minta tolong. Komandan kapal Mayor Laut Zulfahmi lalu memerintahkan kemudi kapal Kopda Suhari untuk mengurangi laju kapal dan memutar kembali mencari sumber suara yang minta tolong . 


“Kedua nelayan yang sempat diselamatkan sampai di atas kapal oleh team kesehatan diberikan pertolongan dan dirawat dan kondisi kedua nelayan tersebut membaik,” kata Kapten Inf Sudarno.

Tim Paska Sat 81 Kopassus melaksanakan latihan bergabung dengan jelajah Tim Ekspedisi NKRI Koridor kepulauan Nusa Tenggara 2015 di wilayah Kodam IX Udayana dengan menggunakan Kapal KRI Karimata-960 TNI AL. 

Kapal Karimata 960 TNI AL yang membawa korban lalu merapat ke Pelabuhan Lanal Cirebon untuk mengantarkan kedua nelayan kembali ke kampung halamannya di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon.

Sudirman dan Irwan terapung-apung selama 2 malam 1 hari. Masih ada 3 orang yang belum ditemukan atas nama Bapak Pitol (30), UU (35), dan Rusadi.

Sumber : Detik