Diperkirakan punah, ‘naga lautan’ ini kembali muncul

Katakepo.blogspot.com – Mungkin selama ini banyak pelaut atau nelayan pada khususnya yang berhasil menangkap oarfish dalam panjang yang masih wajar, namun ada ‘raksasa’ oarfish berhasil ditemukan di lepas pantai California.

Seorang instruktur penyelam dari Catalina Island Marine Institute bernama Jasmine Santana, secara tidak sengaja melihat seekor ikan dengan tubuh yang sangat panjang.

Dikutip dari Toronto Sun (15/10), panjang dari ikan yang bernama oarfish atau ikan besar memanjang dan sangat langka dan termasuk dalam famili Regalaciade (Regalecus glesne) ini adalah 15 kaki atau sekitar 5,5 meter.

Lebar badan dari ikan tersebut sedikit melebihi badan pria dewasa. Santana menemukan ikan ini sedang berenang di tepi pantai California pada hari minggu (13/10) sore.

Tentunya, apabila dibandingkan dengan ikan sejenis, maka oarfish satu ini termasuk golongan raksasa karena sangat jarang ditemukan ikan dengan panjang sampai melebihi 15 kaki sekarang ini.

Memang sebelumnya ada beberapa oarfish dengan panjang melebihi 15 kaki ini yang pernah ditangkap manusia, salah satunya yang terpanjang dalam sejarah yaitu dengan ukuran 17 meter atau 56 kaki pada tahun 1808 lalu.
Oarfish

Seekor orafish yang berhasil ditangkap pada bulan September 1996 di dekat San Diego California, dengan panjang 23 kaki (7 meter) – Wikipedia.org

Bahkan, lama tidak pernah ditemukan lagi, banyak yang memperkirakan oarfish jenis ini sudah punah. Dikarenakan panjang dan lebar serta berat tubuhnya, membutuhkan 15 orang dewasa untuk mengangkat ikan satu ini.

Walaupun bertubuh lebar dan panjang, namun oarfish tidak berbahaya bagi manusia karena ikan ini hanya memakan plankton dan ikan-ikan kecil lain. Ikan ini juga mampu hidup hingga di kedalaman 1500 sampai 3000 meter di bawah laut.

Karena panjang tubuhnya inilah, di zaman dahulu, oarfish sempat dijuluki sebagai naga lautan dan terkadang disebut pula dengan nama King of Herrings.