Ditemukan, Kapal Selam Nazi Menyusup ke Laut Jawa

Tentara Nasional Indonesia menemukan bangkai kapal selam Nazi (biasa disebut U-Boat) di perairan Indonesia. Ditemukan pula dua tengkorak misterius. Penemuan kapal selam tersebut dilakukan oleh sepuluh orang penyelam dari Komando Pasukan Katak atau Kopaska.

“Ekspedisi kami mulai pada 30 Mei pukul 08.00 malam dari Karimun Jawa, Jepara,” ujar Mayor Laut (P) Yudo Ponco Ari, Komandan Datasemen Tiga Satuan Kopaska Armatim Surabaya, saat memaparkan pertemuan tersebut di gedung BPPT I, Kamis, 11 Desember 2014.

Menurut dia, kapal peninggalan masa Perang Dunia II tersebut tidak sepenuhnya utuh. Panjang kapal hanya tersisa 30 meter yang ditemukan di kedalaman 25 meter dari Laut Jawa. Itu pun, kata dia, hanya bagian ruang torpedo sampai ke conning tower. “Itu berdasarkan hasil identifikasi,” kata dia.

Badan kapal juga memperlihatkan lubang-lubang bekas torpedo yang ditembakkan oleh pasukan sekutu. Sebab, kapal tersebut beroperasi lantaran Jepang, sekutu Jerman dalam Perang Dunia II, meminta perlindungan terhadap pasukan sekutu. Kedutaan besar Jerman telah meminta bangkai kapal selam tersebut dijaga TNI.

Sumber : Tempo