Empat jenis pesawat tempur TNI AU berlatih terbang lintas

Angkasa di atas Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Jawa Timur, menjadi titik pertemuan (assembly point) 43 pesawat tempur dari empat tipe dan kelas yang berlatih terbang lintas untuk upacara HUT ke-69 TNI nanti. 

Inilah formasi terbang lintas paling besar dan banyak –dari tipe dan jumlah– pesawat tempur yang pernah dilakukan TNI AU selama ini. Sebelum menyatukan diri di assembly point itu, semua pesawat tempur itu holding di posisi masing-masing yang ditentukan. 

Keempat tipe pesawat tempur dari berbagai generasi itu berbeda karakteristik terbang masing-masing namun harus bisa disinkronkan demi misi terbang formasi-terbang lintas ini. 

Salah satu aspek teknis yang paling diutamakan adalah turbulensi dan “hempasan” ataupun “hisapan” udara di sekitar tubuh masing-masing pesawat terbang itu. 

Secara prinsip, semakin besar dan semakin kuat mesin pesawat terbang itu, maka luasan area terdampak turbulensi dan “hempasan/hisapan” udara itu semakin luas. 

Ini juga yang menjadikan formasi segitiga kesembilan Su-27/30MKI ada di posisi paling tengah dan belakang dari seluruh formasi. 

Formasi terbang-terbang lintas ini juga menjadi bentuk kado perpisahan dari TNI kepada Presiden Susilo Yudhoyono yang akan mengakhiri masa jabatan keduanya pada 20 Oktober nanti. 

Pada masa kepemimpinan Yudhoyono ini jugalah, gelombang kedua pembelian arsenal TNI di ketiga matranya terjadi secara signifikan setelah terjadi pada dasawarsa ’80-an. 

Secara ringkas, parade di udara ini juga merupakan “laporan akhir” dan bentuk pertanggungjawaban kepada publik tentang pemakaian uang rakyat hingga puluhan triliun rupiah untuk membeli senjata dan mesin perang. 

Keterangan Dinas Penerangan TNI AU diterima di Jakarta, Kamis petang, keempat kelas dan tipe pesawat tempur itu adalah Sukhoi Su-27/30MKI Flankers (sembilan unit), F-16 Fighting Falcon A/B blok 15 dan C/D blok 25 yang baru tiba dari Amerika Serikat (sembilan unit), Hawk 109/209 (12 unit), dan T-50i Golden Eagle (10 unit). 

Menurut rencana, formasi itu akan semakin padat dan gagah saat tiga F-5E Tiger II bergabung dalam formasi tersendiri. F-5E Tiger II ini berlatih terbang formasi secara terpisah. 

Dalam seri latihan terbang formasi-terbang lintas (fly pass) ini, Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, di Madiun, Jawa Timur, itu menjadi titik berkumpul ke-42+3 pesawat terbang tempur itu. 

Berdasarkan foto yang diberikan Dinas Penerangan TNI AU, Su-27/30MKI ada di barisan paling belakang, dengan ke-12 Hawk 109/209 ada di sisi depan kanannya. 

Di sisi kiri depan, formasi intan dari kesembilan F-16 Fihgting Falcon menempati posisinya.
Paling depan adalah formasi mata panah ke-10 T-50i Golden Eagle. 

Sumber : Antara