Enam Sukhoi TNI AU Disiagakan di Batam

Batam – Enam dari 16 unit pesawat Sukhoi milik TNI Angkatan Udara telah dipersiapkan sejak Senin (28/10/13) lalu di Bandara Hang Nadim Batam.

Pesawat buatan Rusia tahun 2013 ini akan mengamankan situasi di Ranai, Kabupaten Natuna pada Kamis (1/11/13) mendatang dalam puncak latihan perang Angkasa Yudha 2013.

“Pesawat jenis Sukhoi yang kita siagakan disini (Bandara Hang Nadim) ada dua jenis yakni SU-27 SKM dan SU-30 MK2. SU 27. Pesawat ini memiliki kapasitas 8 ton untuk amunisi. Satu station bisa dipasang 6 jenis bom, maksimum 32 bom ditambah 4 missile. Seperti SU single, MK2 double dan tidak jauh berbeda dengan Sukhoi FU 27 MK2,” ujar Letnan Kolonel (Pnb) Dedy Ilham Suryanto Salam kepada wartawan Hang Nadim Batam, Selasa (29/11/13).

Disampaikan perwira alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1998 ini, dalam konteks latihan, pesawat Sukhoi ini berfungsi untuk melakukan air intersep atau penyergapan musuh di udara. Dia menambahkan hal ini tergantung perintah atasan, apakah musuh diusir atau dihancurkan.

“Dengan kapasitas bahan bakar penuh 12 ribu liter, mampu melakukan penerbangan selama 4 jam dan jika ditambah air refueling bisa 8 jam. Kecepatan pesawat ini mencapai 2,5 MACH dari kecepatan suara,” jelas pilot Sukhoi yang sempat belajar di Rusia ini kembali.

Ilham yang sudah memiliki masa terbang sebanyak 1.200 jam ini mengtakan, sejak pagi tadi pukul 06.00 WIB, sebanyak empat pesawat yang diterbangkan bolak balik ke Ranai, Natuna. Selain itu, juga dilakukan latihan penghadangan pesawat yang memasuki area udara Batam tanpa izin.


Sumber : Batamtoday