F-16 Paksa turun pesawat ‘asing’ di Medan

Satu unit pesawat Boeing 737-200 tidak dikenal, Kamis (3/7), terpantau radar memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin. Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) III Medan pun meresponsnya dengan menerbangkan 2 unit pesawat F-16 untuk melakukan penyergapan.
 
Pesawat F-16 itu berhasil memaksa pesawat asing itu mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan. Kedua pesawat tempur itu terus memutari bekas Bandara Polonia itu sampai tim di darat menguasai keadaan.

Di darat, pasukan bersenjata lengkap sudah bersiaga sejak awal. Mereka mengepung pesawat yang sudah bisa dipaksa berhenti di taxi way. Pilot dan copilot pun berhasil ditangkap. Mereka digelandang ke markas untuk diinterogasi.

Adegan ini merupakan simulasi penyergapan pesawat asing yang memasuki wilayah Indonesia tanpa izin yang dilakukan Kosek Hanudnas III Medan. Skenario ini merupakan bagian dari latihan Latihan Perkasa C 2014.

“Latihan ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan unsur-unsur pertahanan udara di wilyah Kosek hanud III Medan. Sasarannya untuk menyikapi niat lawan yang memasuki wilayah udara terutama di wilayah Kosek Hanudnas III Sumatera Bagian Tengah sampai ke utara,” kata Panglima Kosek Hanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Supriharsanto seusai simulasi.

Dia memaparkan, selain personel Kosek Hanudnas III Medan, latihan ini juga melibatkan satuan radar TNI AU, tim buru sergap Pangkalan Udara, Arhanud Kodam I Bukit Barisan, serta TNI AL yang mengerahkan KRI dengan kemampuan Pertahanan Udara.

Sumber : Merdeka