F-16 TIBA DI LANUD ROESMIN NURJADIN

Setelah melaksanakan Ferry Flight dari Lanud Iswahjudi, Madiun, 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon mendarat mulus di Lanud Roesmin Nurjadin dan disambut langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Shelter Skadron Udara 16, Jumat (28/11).

Kedatangan elang besi kebanggan bangsa Indonesia ini terbagi dalam tiga penerbangan dengan Call Sign “Viper Flight, Falcon flight dan Rydder Flight” yang dipimpin oleh Danskadron Udara 3, Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo.


Lima dari 10 pesawat F-16 yang tiba dari Lanud Iswahjudi ini merupakan pesawat terbaru jenis F-16 C/D 52 ID yang tiba dari Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu di Indonesia. 

Kelima pesawat tempur terbaru ini akan menjadi armada tempur Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin yang akan diresmikan pengoperasiannya oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI I.B Putu Dunia pada tanggal 3 Desember 2014 ini. 


Sebelum kedatangan pesawat tempur F-16 ini, sejumlah personel yang akan mengawaki Skadron Udara 16 juga telah tiba di Lanud Rsn menggunakan sejumlah pesawat C-130 Herkules termasuk seluruh peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam pengoperasian Skadron Udara 16. 

Sumber : Lanud