Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang AnakPada dasarnya setiap manusia semua mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan berbagai tahapan-tahapan yang terjadi pada setiap individu, tidak secara tetap atau permanen melainkan mengalami perubahan terus-menerus seperti dari mulai proses pembuahan janin, bayi, lahir dan sampai akhirnya kita meninggal. Umumnya usia anak-anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan sangat normal, ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak, padahal setiap anak memiliki kebutuhan dasar seperti kebutuhan fisik, kebutuhan emosional dan kebutuhan stimulus mental dari sejak dini. Terkadang kita sebagai orang tua jarang memperhatikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi proses tumbuh pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya.

bebaskan anak anda bermain

Secara umum faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak terbagi dua:
Pertama faktor keturunan (genetik). Ini adalah proses alami yang terjadi pada setiap individu manusia, atau dapat diartikan semua ciri atau karakteristik orang tua yang diwariskan kepada anaknya. Faktor keturunan ini di sebut juga faktor internal yaitu faktor yang dibawa oleh individu sejak di dalam kandungan. Jadi setiap anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mirip dengan orang tuanya tersebut, kenyataan adanya pengaruh faktor tersebut seperti ukuran dan bentuk tubuh, warna rambut dan kulit dan masih banyak yang lainnya, dan pengaruh dari faktor tersebut tidak hanya dari segi fisik saja melainkan dari segi psikologi juga sangat berpengaruh seperti orang tua yang memiliki kesamaan golongan darah dan berbagai cairan yang berfungsi dengan aspek psikologi anak tersebut.

Kedua adalah faktor lingkungan, faktor ini adalah proses berbagai peristiwa yang dialami oleh setiap individu dalam berbagai situasi dan kondisi baik yang secara langsung maupun tidak langsung. Faktor lingkungan ada yang bersifat fisik maupun sosial, lingkungan fisik yaitu segala sesuatu yang bersifat fisik seperti rumah,tanah dan air. Ini akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperti orang yang tinggal di dataran tinggi yang memiliki musim dingin akan memberikan pengaruh kepada orang yang tinggal di dataran rendah yang memiliki musim yang sangat panas, selain itu juga faktor sosial lah yang jauh lebih berperan dalam faktor perkembangan psikologi anak seperti keberadaan sosial ekonomi, asupan gizi yang kurang baik pada masa dalam kandungan ibunya. Itulah sebagian faktor-faktor yang mempengngaruhi pada anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply