Fungsi Keluarga yang Harus Anda Tahu

Fungsi Keluarga yang harus anda tahu – Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat. Keluarga sendiri terdiri dari orang-orang terdekat yang biasanya mempunyai hubungan darah seperti bapak, ibu, anak, nenek, kakek, dan seterusnya. Ternyata, ada berbagai macam fungsi keluarga yang terkadang kurang dipahami masyarakat. Maka dari itu, untuk anda yang belum mengetahui fungsi sebuah keluarga, anda dapat menyimak langsung penjelasannya dalam artikel ini.

fungsi keluarga

Lalu, apa sajakah fungsi keluarga yang dimaksud? Simak penjelasannya pada ulasan di bawah.

  1. Pendidikan
    Sebuah keluarga berfungsi untuk mendidik anak-anak agar dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Dalam hal ini, keluarga bertanggungjawab untuk membiayai pendidikan anak.
  1. Sosialisasi anak
    Untuk fungsi yang satu ini, sebuah keluarga berkewajiban untuk memberikan pendidikan dini kepada anak-anak bagaimana cara bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik dan benar, untuk mempersiapkan anak-anak yang berguna bagi lingkungan sekitar.
  1. Perlindungan
    Adanya sebuah keluarga mempunyai fungsi untuk melindungi anggota keluarga satu dengan yang lain. Dengan fungsi perlindungan, semua anggota keluarga akan merasa aman ketika berada di dalam rumah.
  1. Perasaan
    Fungsi berikutnya ialah fungsi perasaan yang artinya ialah sebuah keluarga berkewajiban untuk saling menjaga perasaan anggota keluarga yang lain. Dengan fungsi yang satu ini, akan terciptalah sebuah keluarga yang harmonis dan saling menghormati antara anggota keluarga satu dengan yang lain.
  1. Religius
    Fungsi terakhir dari sebuah keluarga ialah fungsi religius. Dalam hal ini, anak-anak di dalam keluarga harus diberi pengetahuan tentang adanya akhirat atau dunia yang lebih kekal, dan yang bertanggungjawab untuk melaksanakan fungsi ini ialah kepala keluarga.

Dilihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa keluarga mempunyai fungsi yang sangat penting bagi semua anggotanya. Maka dari itu, sebuah keharmonisan keluarga haruslah tetap dijaga agar fungsi keluarga dapat difungsikan dengan baik. Kemudian, salah satu momen yang bisa mempererat keharmonisan keluarga ialah saat minum teh, apalagi dengan teh Sariwangi yang cocok diminum di saat santai bersama seluruh anggota keluarga anda di rumah.

Fungsi Keluarga yang Harus Anda Tahu | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply