Gereja Katolik di Inggris terjual pada komunitas muslim

Katakepo.blogspot.com – Sebuah gereja Katolik di wilayah Stoke-on-Trent, Kota Cobridge, dijual setelah mengalami penurunan umat yang datang ke tempat itu. Pembelinya komunitas muslim.
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (21/10), Gereja St. Petrus telah ditutup setelah laku. Identitas pembeli yakni komunitas muslim belum dapat diungkapkan. “Kami belum bisa membicarakan siapa pembelinya, tapi uang dari hasil penjualan tetap digunakan untuk kepentingan jemaat,” ujar juru bicara gereja enggan menyebutkan namanya.
Gereja ini masuk dalam keuskupan agung Birmingham. Lebih dari 200 gereja paroki terdaftar. Setiap keputusan soal gereja termasuk penjualan selalu dikonsultasikan dengan pimpinan tertinggi gereja.
Paroki Cobridge memiliki sejarah panjang namun dalam dua tahun terakhir jumlah umat Katolik menyusut hingga menghadiri misa hanya tinggal segelintir orang. Bahkan mereka tidak mampu lagi membangun gereja itu dengan lebih baik.
Gereja itu segera dijual terbuka. Sejumlah penawaran telah diterima namun pengurus gereja mengatakan komunitas muslim lokal wilayah itu membuat penawaran terbaik. Setelah berkonsultasi dengan paroki lainnya, akhirnya gereja itu resmi terjual pada mereka.