Hah? Ilmuwan temukan planet yang bisa dihuni seperti bumi?

http://wscdn.bbc.co.uk/worldservice/assets/images/2013/06/26/130626031050_trio_dunia_512x288_eso_nocredit.jpg

Ilmuwan berhasil mengidentifikasi tiga planet baru yang mengelilingi sebuah bintang yang disebut sebagai trio dunia.

Bintang terdekat yang diberi nama Gliese 667C, ditengarai memiliki tiga planet yang disebut sebagai super-Bumi karena diduga sebagai ”zona yang bisa dihuni”.
Berita terkait

    Alur es terlihat di Mars
    Teleskop milik NASA Kepler rusak
    Teleskop Kepler deteksi planet ‘paling mirip bumi’

Link terkait
Topik terkait

    Iptek

Ini adalah kawasan dimana temperatur memungkinkan untuk tersedia cairan, meski belum ada yang bisa memastikan seperti apa kondisinya di tiga planet ini.

Gliese 667C ini terletak 22 tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menyebut bisa melihatnya di langit di konstelasi Scorpius (Kalajengking).

Gliese 667C memiliki tiga planet yang mengorbit, dengan zona yang bisa dihuni lebih besar dari dunia yang kita tinggali saat ini, tetapi mungkin dengan permukaan yang masih penuh dengan bebatuan.

Sekarang, sebuah tim pimpinan astronom Guillem Anglada-Escude dari Universitas Göttingen, Jerman, dan Mikko Tuomi, dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengkaji ulang sistem tata surya di tempat itu.

Para peneliti menggunakan sebuah teleskop 3,6m di Observatorium Silla di Cile dalam mengkaji planet tersebut.

“Mereka memiliki massa berkisar antara 2,7 hingga 3,8 kali lebih besar dari Bumi,” kata Mikko Tuomi kepada BBC.

“Periode orbit mereka adalah 28, 39, dan 62 hari, yang artinya adalah mereka semua mengelilingi bintang lebih dekat dari permukaan Merkuri di sistem tata surya kita,” tambahnya.

Tiga planet ini ditengarai sebagai zona yang bisa dihuni, dimana tim menemukan bukti yang menggoda yang mungkin menjadi dunia berbatu lainnya di lingkaran dalam zona.

Planet tersebut membutuhkan atmosfir untuk mendapatkan cadangan air di permukaan mereka, tetapi dengan jarak lebih dari 200 miliar kilometer, tidak bisa ditentukan kondisi tepat apakah ada kesempatan kehidupan bisa berlangsung di kawasan tersebut.

Bagaimanapun para peneliti meyakini planet ini menjadi kandidat dunia yang bisa dihuni.

sumber:http://iniunic.blogspot.com/2013/06/ilmuwan-temukan-planet-yang-bisa-dihuni.html