Hari Anak Nasional 2014 di Logo Google

https://i1.wp.com/www.google.co.id/logos/doodles/2014/childrens-day-2014-indonesia-5193727555403776-hp.jpg?ssl=1

Ada yang menarik pada halaman muka mesin pencari Google hari ini. Terlihat gambar permainan tradisional congklak menghiasi tampilan Google Doodle. Ya, hari ini raksasa internet asal AS itu turut serta merayakan Hari Anak Nasional.

Hari ini, 23 Juli 2014, seluruh anak Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Tak mau ketinggalan, Google pun turut memeriahkan dengan menampilkan Google Doodle berdesain unik pada halaman depan mesin pencarinya.

Permainan congklak dipilih oleh Google sebagai wakil dari keceriaan anak-anak Indonesia, meski saat ini, permainan tersebut sudah mulai jarang dimainkan lagi oleh anak-anak.

https://i0.wp.com/segitiga.net/wp-content/uploads/2012/04/congklak_4.jpg?resize=400%2C225
Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia.

Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon, atau dhakonan. Di beberapa daerah di Sumatera yang berkebudayaan Melayu, permainan ini dikenal dengan nama congkak.

Di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban, sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan beberapa nama: mokaotan, maggaleceng, aggalacang dan nogarata.

Permainan ini di Malaysia juga dikenal dengan nama congkak, sedangkan dalam bahasa Inggris permainan ini disebut mancala.

Congklak dimainkan oleh dua orang. Dalam permainan, mereka menggunakan papan yang dinamakan papan congklak dan 98 buah biji congklak.
Umumnya, papan congklak terbuat dari kayu dan plastik, sedangkan bijinya terbuat dari cangkang kerang, biji-bijian, batu-batuan, kelereng, atau plastik.

Kembali ke tema Google Doodle hari ini. Di Indonesia, perayaan Hari Anak Nasional bermula dari sebuah gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak.
Perayaan ini diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984.

Untuk Hari Anak Nasional tahun 2014 yang jatuh pada hari ini, tema yang diusung adalah ‘Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak’.

Sumber : inilah.com