Hasil Penelitian: Terlalu Narsis di FB Bisa Merusak Pertemanan

Hasil Penelitian: Terlalu Narsis di FB Bisa Merusak Pertemanan – Para pengguna Facebook yang terlalu narsis rupanya tidak disukai oleh orang-orang bahkan oleh teman sendiri. Mereka-mereka yang narsis di akun FB-nya biasanya akan diblok atau diabaikan oleh teman-teman di Facebook-nya.

Alasan ini mengacu pada hasil penelitian University of Birmingham di Inggris. Mereka menemukan bukti bahwa hubungan pertemanan melalui jejaring sosial akan justru berdampak menjadi hubungan yang semakin jauh jika seseorang terlalu sering melalukan aktivitas sosial di akun Facebooknya.

Hubungan ini apada akhirnya akan berujung pada ketidakharmonisan dan perasaan membosankan antara teman.

Dr David Houghton mengatakan, ada persamaan antara dunia maya dengan dunia nyata. Hubungan pertemanan biasanya akan terjadi konflik ketika keduanya bahkan sangat dekat dan baik-baik saja.

David juga menambahkan jika sebuah foto yang diunggah oleh seseorang di media sosial Facebook akan memiliki interpretasi sendiri-sendiri.

Hal itu akan menimbulkan perbedaan saat foto dilihat oleh teman dekat, sahabat, atau orang lain. Akan tetapi survei yang dilakukan ke 500 pengguna itu berkata lain bagi mereka yang berpasangan. Sering berbagi foto keluarga di Facebook akan bedampak positif bagi pasangan. Hubungan keduanya bakal semakin akrab.

Sementara itu apabila terlalu intens mengunggah foto teman akan mengurangi keakraban persahabatan. Hubungan keduanya bisa semakin renggang dan kian menjauh. | jadiberita.com