Hidup sebagai muslim di Eropa, Hanum Rais banyak kendala

Katakepo.blogspot.com – Penulis buku 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA, Hanum Salsabiela Rais dan suaminya Rangga Almahendra punya banyak pengalaman yang tak terlupakan saat menjalani hidup sebagai seorang muslim di beberapa negara Eropa seperti Austria, Prancis, Spanyol, dan Turki.
Ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (22/10), Hanum mengungkapkan bahwa suaminya sempat meninggalkan salat Jumat selama satu semester saat kuliah di Eropa.
“Ketika jadi muslim di Indonesia nggak masalah kendala. Tapi pas di sana beda banget. Seperti suami waktu kuliah selama satu semester ninggalin salat Jumat. Banyak fenomena yang harus ngelus dada. Tapi kaya suami saya nih, dia nunjukin dia bisa jadi yang terbaik di kelasnya,” ungkap Hanum.
Hanum pun sempat mengalami beberapa cobaan. Setelah memutuskan untuk berhijab, Hanum selalu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.
“Dulu saya nggak jilbab. Tiga tahun di sana akhirnya pakai jilbab. Pas waktu lamar pekerjaan di foto kan nggak pakai jilbab. Semua tes bisa dilewati, pas wawancara pake jilbab mereka minta saya lepasin, tapi tentu saya ga mau,” terang Hanum.
Kisah Hanum dan suaminya pun diangkat oleh Maxima Pictures dalam sebuah judul yang sama dengan novelnya yang akan dirilis pada 5 Desember 2013 dan bulan Maret tahun depan.
Lewat film ini, Hanum ingin menyampaikan pada masyarakat Indonesia, meskipun tinggal di luar negeri, sebagai warga Indonesia kita harus bisa menjadi orang Indonesia yang baik dan terutama agen muslim yang baik.
“Tegas sebagai orang Indonesia harus bisa mempresentasikan sebagai orang Indonesia yang baik. Kalau muslim ya jadi agen muslim yang baik. Toleransi jadi roh dalam film ini. Ada romantisnya juga dan sebuah representasi the voice of modern islam lah,” paparnya.