Indonesia berambisi kalahkan Filipina manfaatkan panas bumi

Katakepo.blogspot.com – Indonesia diakui sebagai negara penghasil panas bumi nomor wahid di dunia. Potensi panas bumi Indonesia mencapai 40 persen dari potensi seluruh dunia. Panas bumi Indonesia bisa menghasilkan hampir 30.000 MW listrik, namun pemanfaatannya saat ini baru mencapai 4,6 persen atau 1.341 MW.
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, mengakui, pemanfaatan panas bumi Indonesia masih kecil. Bahkan Indonesia kalah dibandingkan Filipina yang telah menghasilkan listrik 1.900 MW listrik.
Rida berambisi nantinya Indonesia bisa mengalahkan Filipina dalam pemanfaatan panas bumi terbesar di Asia Tenggara. “Ambisi saya ingin melebihi Filipina, 1900 MW,” kata Rida di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10).
Cara untuk menyalip Filipina, kata dia, panas bumi dari superme Rajabasa, Rantaudadap, dan Muaralaboh harus sudah menghasilkan listrik. Dengan begitu, total listrik yang dihasilkan dari panas bumi Indonesia bisa mencapai 2.000 MW.
“Pokoknya langsung dimasukin Muaralaboh langsung kesalip 2X110, bisa 2000. Saya target 2020 kesusul semua,” tegasnya.