Ini 10 sungai terdalam di dunia!

Katakepo.blogspot.com – Suka berpetualang ke alam liar dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan? Selain menjadi rumah bagi beragam makhluk hidup, sungai juga menjadi lahan untuk mengais rejeki bagi para nelayan yang tinggal di sekitarnya. Nah, berikut kami himpun sepuluh sungai terdalam di dunia. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini!

 

1. Sungai Kongo, 250 meter

Sungai Kongo adalah sungai terpanjang kedelapan di dunia, dengan panjang mencapai 4.690 km. Sungai ini dimulai di persimpangan Sungai Lualaba dan Luvua, di Pegunungan Altai, dan mengalir ke barat daya Samudera Atlantik. Anak sungai utama meliputi Aruwimi, Kasai, dan Lomami. Sungai Kongo dinobatkan sebagai sungai terdalam di dunia, karena memiliki kedalaman mencapai 250 meter.

2. Sungai Yangtze, 200 meter

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di China dan Asia, dan sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini sangat dijaga kelestariannya karena diperdayakan sebagai pusat pariwisata, perlindungan banjir, pembangkit listrik dan konservasi air di China. Sungai Yangtze sendiri memiliki kedalaman mencapai 200 meter dan panjang hingga 6.418 kilometer.

3. Sungai Danube, 178 meter

Danube adalah sungai terpanjang kedua di Eropa setelah Volga. Sungai ini memiliki panjang mencapai 2.860 km dan kedalaman hingga 178 meter. Sungai ini mengalir melewati perbatasan sepuluh negara: Rumania (29,0% dari luas DAS), Hungaria (11,6%), Serbia (10,2%), Austria (10,0%), Jerman (7,0%), Bulgaria (5,9%), Slowakia (5,9%), Kroasia (4,4%), Ukraina (3,8%), dan Moldova (1,6%).?

4. Sungai Zambezi, 116 meter

Sungai Zambezi memiliki kedalaman mencapai 116 meter. Zambezi adalah sungai terpanjang keempat di Afrika dan mengalir sepanjang 2.574 kilometer. Sungai ini juga menjadi rumah bagi beragam hewan. Di sini, Anda juga dapat menemukan banyak hewan besar, seperti kerbau, zebra, jerapah, dan gajah.

5. Sungai Mekong, 100 meter

Sungai Mekong memiliki kedalaman hingga 100 meter. Mekong sendiri merupakan sebuah sungai lintas-batas di Asia Tenggara. Ini adalah sungai terpanjang ke-12 di dunia dan terpanjang ke-7 di Asia. Panjang Mekong diperkirakan mencapai 4.350 km. Dari Plato Tibet, sungai ini mengalir melalui Provinsi Yunnan (China), Burma (Myanmar), Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

6. Sungai Amazon, 91 meter

Merdeka.com – Sungai Amazon umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang kedua di dunia, dengan debit rata-rata sekitar 209.000 kubik meter per detik. Sungai yang memiliki kedalaman hingga 91 meter, memiliki cekungan drainase terbesar di dunia dan menyumbang sekitar seperlima dari total aliran sungai dunia.

7. Sungai Kuning, 80 meter

Sungai Kuning juga dikenal dengan sebutan Huang He. Ini adalah sungai terpanjang kedua di Asia, setelah Yangtze. Sungai terpanjang keenam di dunia ini diperkirakan memiliki panjang hingga 5.464 km dan kedalaman mencapai 80 meter. Sungai Kuning juga disebut sebagai “tempat lahirnya peradaban China”, dan menjadi wilayah paling makmur dalam sejarah awal China.

8. Sungai Hudson, 66 meter

Sungai Hudson memiliki kedalaman mencapai 66 meter. Sungai dimulai di Danau Henderson di Newcomb, New York, kemudian mengalir ke selatan melewati ibukota negara di Albany, dan lalu akhirnya membentuk batas antara New York City dan negara bagian Amerika, New Jersey. Nama sungai ini diambil dari nama Henry Hudson, yang menjelajahinya pada tahun 1609.

9. Sungai Saint Lawrence, 65 meter

Sungai Saint Lawrence melintasi Quebec dan Ontario di Kanada, dan merupakan bagian dari batas internasional antara Ontario, Kanada, dan New York di Amerika Serikat. Sungai yang memiliki kedalaman hingga 65 meter ini mengalir sepanjang 1.197 km.

10. Sungai Mississippi, 62 meter

Sungai Mississippi memiliki kedalaman mencapai 62 meter dan menjadi sungai utama dari sistem drainase terbesar di Amerika Utara. Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang keempat dan kesepuluh terbesar di dunia.

Inilah sepuluh sungai terdalam di dunia. Tertarik untuk mengunjunginya?