Ini 4 soal matematika anak SD paling sulit sedunia

Katakepo.blogspot.com – Pelajaran matematika seringkali menjadi momok pelajar di seluruh dunia. Itu sebabnya pengajar berusaha mengajarkan ilmu yang mengutamakan logika ini supaya mudah dipahami.
Tapi, di beberapa negara, problem matematika untuk anak sekolah dasar bahkan sama sulitnya seperti materi olimpiade. Itulah yang terjadi di Singapura akhir pekan lalu.
Presenter televisi Kenneth Wong lewat akun Facebook-nya pada 11 April lalu membagikan soal ujian siswa kelas 5 yang luar biasa sulit. Intinya soal cerita tentang dua anak lelaki yang mencari tanggal ulang tahun gadis bernama Cheryl.
Walau terdengar sederhana, terbukti soal ini menarik perhatian banyak orang, sampai diulas khusus oleh Asosiasi Guru Matematika Australia, Inggris, maupun Amerika Latin, seperti dilansir the Strait Times, Selasa (14/4).
Ribuan pengguna Internet di forum reddit hingga BBC menampilkan soal tersebut untuk dibahas khalayak ramai. Sampai sekarang banyak orang berdebat terkait soal Cheryl itu. Singapura pun dipuji, sekaligus didebat banyak pendidk, karena memberikan silabus begitu susah kepada anak SD.
Bussiness Insider, pada 5 April 2013, menyajikan beberapa kasus yang mana soal-soal matematika anak SD bikin orang dewasa sekalipun pusing tujuh keliling.
Berikut empat soal anak SD dari pelbagai negara yang bikin orang dewasa pun minta ampun karena kesulitan menjawabnya. Silakan coba menjawab bila anda punya nyali.
Selamat mengerjakan!

Roller coaster bikin gila

Ini soal kelas 6 SD di Amerika Serikat. Situs briliant.org memakainya untuk mengukur tingkat kecerdasan anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.
Ketika dibagi di dunia maya, soal ini sontak membuah heboh banyak orang. Sekilas sih mudah, tapi banyak netizen yang mengibarkan bendera putih.
Omong-omong, Farrel Wu (12 tahun), ternyata sanggup menuntaskan problem matematika ini di kala senggang.
Begini wujud soal cerita yang bikin heboh itu:
Selama musim panas Calvin dan teman-temannya pelesir ke Taman Bermain ‘Ten Flags’. Di sana, ada 10 wahana roller coaster yang menurut brosur wajib disambangi. Saat hari sudah malam, Calvin dkk hanya bisa mencoba lima dari 10 wahana tersebut, karena antrean sangat panjang.
Dua (2) orang dari rombongan Calvin setidaknya sempat menaiki dua (2) roller coaster yang sama. Berapa jumlah rombongan yang ikut ke taman bermain bersama Calvin hari itu?
Bagaimana? Anda bisa menjawabnya?
Omong-omong, sedikit tips dari situs brilliant.org. Jangan sampai anda tidak memasukkan Calvin dalam perhitungan ini.

Penjumlahan bikin geger

Pada Senin (13/4) pagi, akun Facebook Supernova House mengunggah sebuah foto soal matematika yang kemudian menjadi perdebatan. Dalam soal tersebut, terdapat penambahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk anak sekolah dasar.
Dalam soal tersebut ditulis, “7+77+77-7” dengan pilihan jawaban “a.00 b.08 c.50 d.56”. Dalam gambar juga ditulis “92 persen gagal menjawab pertanyaan simpel ini”.
Sejumlah netizen memiliki jawaban berbeda terkait soal ini. Selain menuliskan jawaban, mereka juga memberikan penjelasan tentang jawabannya.
Soal ini lalu direspon ratusan pengguna Facebook.
“0 jawabannyo.. (7+7):(7+7)x(7-7),” tulis akun Firdian Wahyuni.
“D.56 laahh… 7+7=14 7=2 +7=97=63 – 7=56…..” jawab Raysa Avrilia Salsabila Rere.
“Perkalian dan pembagian itu lebih kuat dari penjumlahan dan pengurangan, jadi harus diselesaikan yang pembagian dan perkalian,” tulis Bunga Dahlia.
Menurut anda bagaimana?

Soal ujian masuk SD di Hong Kong

Jejaring sosial China, Sina Weibo, geger pada Juni 2014 gara-gara munculnya soal matematika ini. Padahal Departemen Pendidikan Hong Kong mengujikan soal itu kepada anak yang hendak masuk sekolah dasar.
Salah satu akun menilai soal ini luar biasa sulit. “Anak SMA butuh waktu beberapa menit, mahasiswa malah butuh satu setengah jam menjawabnya.”
Ada yang mengamuk, karena dia sedang menempuh studi S2 matematika dan kesulitan menjawab soal tersebut. “Aku sudah mencoba bermacam sekuens numerik, bahkan menggunakan kalkulus.”
Inti soal ini sederhana. Ada sebuah mobil parkir di baris kedua dari kanan, dari lahan yang terbagi menjadi enam lajur. Dari kiri ke kanan, lajur itu diberi nomor 16, 06, 68, 88, lajur yang tertutup mobil, serta 98.
Pertanyaannya, berapakah nomor yang tertutupi mobil yang parkir?
Silakan coba menjawab. Situs Chinasmack menyimpan jawabannya bila anda stres karena kesulitan menjawab soal anak SD ini.

Tebakan ulang tahun bikin pusing

Belum lama ini, publik dunia di hebohkan dengan sebuah soal matematika kelas lima SD yang menjadi pemberitaan viral dan menjadi pembahasan di media sosial, seperti dilansir koran the Guardian, Senin (13/4). Banyak orang mengatakan kemampuan deduksi yang mumpuni akan sangat membantu untuk menjawab soal ini.
Begini bunyi soal itu selengkapnya:
Albert dan Bernard berkenalan dengan Cheryl. Mereka ingin mengetahui hari ulang tahun gadis ini. Cheryl lalu memberikan 10 kemungkinan tanggal ultahnya, yaitu:
15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus dan 17 Agustus
Cheryl memberi bocoran tanggal ultahnya kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang dalam kesempatan berbeda.
Albert dan Bernard lalu membuat pernyataan:
Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.
Bernard : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.
Albert : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.
Jadi, kapan sih tanggal ulang tahun Cheryl? Selamat menjawab!