Ini Kiat Mudah Membuat Persahabatan Awet

Katakepo.blogspot.com – Tetap berhubungan dengan baik seringkali menjadi permintaan kita kepada sahabat, apalagi jika nantinya Anda tidak mudah bertemu kembali karena padatnya aktivitas. Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Perspectives on Psychological Science menyatakan tetap berhubungan baik dengan sahabat adalah kunci untuk panjang umur. 

Sebab, kesepian dan isolasi adalah ancaman terbesar yang memicu terjadinya kematian bagi orang-orang berusia di atas 65 tahun. Studi sebelumnya menyatakan bahwa kesepian sama bahayanya dengan merokok 15 batang sehari atau mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

“Persahabatan yang baik lebih berharga dibandingkan harta paling mewah sekalipun. Persahabatan menawarkan perspektif baru dalam hidup, pendampingan saat menghadapi masa-masa sulit, meyakinkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik, dan meningktakan kebiasaan hidup sehat,” ujar Talia Fuhrman, pengarang buku Love Your Body.

Nah, Fuhrman menyarankan tiga hal utama yang menjadi kunci dalam memelihara persahabatan yang baik dengan teman-teman Anda. Apa sajakah? 

1. Berhati-hatilah dengan bahasa tubuh 
Fuhrman menyarankan untuk benar-benar memperhatikan posisi tubuh Anda, seperti cara berdiri, posisi bahu, dan kemana arah mata Anda. “Ekspresi nonverbal adalah kunci untuk membuat orang lain merasa nyaman saat bersama Anda dan memberitahu mereka bahwa Anda terbuka dengan kehadiran mereka,” tukasnya. 

2. Kurangi penggunaan teknologi 
Meskipun rasanya sulit melepaskan diri dari perangkat telekomunikasi digital dan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain, Fuhrman menyatakan pentingnya sejenak menjauhkan diri dari segala perangkat teknologi dan media sosial agar Anda dapat berinteraksi lebih baik bersama sahabat secara langsung. 

“Ketimbang mengirim pesan singkat, menggunakan Facebook, cobalah berbicara lewat telepon atau Skype atau bahkan bertatap muka dan berbincang. Aksi sederhana ketika Anda saling mendengarkan suara satu sama lain memiliki kekuatan dalam menghubungkan Anda lebih dalam ketimbang kata-kata yang dirangkai menggunakan ponsel,” ujar Fuhrman. 

3. Berbincang dengan nyaman
“Anda tidak perlu berargumentasi dengan sahabat Anda tentang segala hal. Yang Anda butuhkan adalah pikiran yang terbuka dan keinginan untuk berbincang tentang segala hal,” jelas Fuhrman.

Talia Fuhrman juga menekankan pentingnya saling menghormati saat berbincang bersama sahabat. Sebab, faktanya, debat yang penuh rasa hormat namun terbuka dapat menciptakan percakapan yang akan diingat dan memperkuat persahabatan Anda ketimbang sekadar perbincangan ringan.