Ini tips sukses berkarier ala Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Katakepo.blogspot.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berbagi pengalaman di acara yang digelar PT Sampoerna di Hotel JW Marriot. Di acara bertajuk Sampoerna Womans tersebut, alumnus Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) itu mengungkap trik bagaimana meniti karir.

Menurut perempuan asal Kediri itu, dalam menjalani kehidupan harus ada perubahan yang lebih baik dari sekarang. Risma berbagi tips dan trik bagaimana meniti karir agar seimbang antara kehidupan pribadi dan dunia kerja.

Salah satu kuncinya adalah fokus. Para perempuan hendaknya tidak membawa permasalahan kantor ke rumah ataupun sebaliknya.

“Salah satu kuncinya adalah fokus. Para perempuan hendaknya tidak membawa permasalahan kantor ke rumah ataupun sebaliknya,” kata Risma dalam siaran persnya, Jumat (18/10).

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pertamanan Kota Surabaya ini mengatakan, kunci dalam kehidupan adalah komunikasi. Risma mencontohkan, saat dia bertemu dengan pedagang di pasar, dia menyesuaikan dengan penggunaan bahasa sehari-hari di pasar.

“Perempuan itu memiliki kelebihan. Perempuan lebih bisa berbicara bebas,” kata dia.

Maka tak heran, saat memimpin Kota Pahlawan ini, Risma dikenal bersuara lantang, tegas dan bebas bersikap. Tak jarang, warga sipil, maupun pejabat menjadi sasaran amarahnya yang spontan. Bahkan, Risma tak segan memecat bawahannya yang tidak disiplin atau jijik memungut sampah.

Sementara terkait kepemimpinan perempuan, Risma menuturkan, tidak ada pemimpin yang berhasil tanpa dukungan staf. “Staf hendaknya dimaknai sebagai subjek, bukan objek,” tandasnya.