Inilah 12 Klub Sepak Bola Indonesia Yang Masuk 50 Terbaik Dunia

Inilah 12 Klub Sepak Bola Indonesia Yang Masuk 50 Terbaik Dunia

Sebanyak 12 tim sepakbola asal Indonesia ternyata masuk ke jajaran 50 klub terbaik dunia versi situs www.thetoptens.com.

Selain Persib Bandung yang berada di urutan pertama mengungguli Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Bayern Munchen, Manchester United, Juventus, dan lain-lain, masih ada 11 klub Indonesia lainnya yang ternyata meraja di dunia maya. Siapa saja?

Tim asal Indonesia kedua yang tercatat sebagai yang terbaik di dunia adalah Persebaya Surabaya. Tim Bajul Ijo menduduki posisi 14 di bawah klub asal Turki, Fenerbahce, yang nangkring di atasnya.

Kemudian ada Arema Indonesiadan, Persipura Jayapura yang berurutan menduduki peringkat 20 dan 21, unggul satu tingkat dari tim kaya raya asal Prancis, Paris Saint Germain (PSG) yang ada di posisi 22.

Klub ibukota Republik Indonesia, Persija Jakarta, duduk di peringkat 24 tim terbaik dunia versi TheTopTens. Lalu disusul oleh tim kebanggaan warga Palembang,Sriwijaya FC, yang berada di ranking 28.

Keduanya mendapat tempat lebih baik ketimbang Tottenham Hotspur (Inggris) dan Boca Juniors (Brasil) yang harus puas bertengger di peringkat 30 dan 31.

Bandung ternyata tak hanya menyumbangkan nama Persib. Saudara mudanya, Persikab Kabupaten Bandung, juga termasuk jajaran 50 klub terbaik sejagat dengan duduk manis di 32 atau di atas Atletico Madrid yang menguntit di bawahnya. Disusul kemudian olehPSM Makassaryang menempati urutan 35.

Juara bertahan Indonesia Premier League (IPL), Semen Padang pun tak ketinggalan dengan nangkring di peringkat 37. Selanjutnya, ada Persik Kediri di urutan 44, serta Persisam Putra Samarinda dan PSS Sleman yang masing-masing berada di posisi 47 dan 48.

TheTopTens atau www.thetoptens.com sendiri adalah situs yang memuat daftar sepuluh teratas yang kemudian di-vote oleh pengunjung web-nya yang tersebar di seluruh dunia.

Meskipun hanya berjaya di dunia maya, namun setidaknya klub-klub Indonesia telah dikenal secara global dan mampu ”bersaing” dengan klub-klub papan atas di seluruh jagat raya. | memobee.com