Inilah 2 Tujuan dari Penetapan Suku Bunga BI

BLoGkiTa – Saat Anda hendak melakukan pembiayaan misalnya kredit rumah, salah satu yang perlu Anda pertimbangkan adalah mengenai masalah suku bunga. Suku bunga yang ditetapkan oleh bank yang menjadi kreditor tersebut salah satu faktor yang menentukannya adalah suku bunga BI atau yang dikenal dengan BI rate. Suku bunga dari bank Indonesia tersebut bisa naik ataupun turun bahkan stagnan.

Suku Bunga BI

BI rate sendiri merupakan suku bunga kebijakan dari Bank Indonesia berdasarkan pada sikap kebijakan moneter dan nantinya akan diumumkan ke publik. Dengan kata lain BI Rate sendiri merupakan suatu kebijakan keuangan dari BI yang ditetapkan per bulannya yang ditentukan lewat rapat anggota dari dewan gubernur berdasarkan pada kondisi perekonomian tidak hanya dari dalam namun juga dari luar negeri secara keseluruhan.

Terdapat 2 tujuan dari penetapan BI rate yang dilakukan oleh Bank Indonesia, yaitu:

  1. Menjaga agar perekonomian tetap dalam kondisi yang stabil. Lewat BI Rate tersebut, diharapkan bisa memberikan stimulus ke lembaga perbankan agar mengikuti rencana atau skenario yang sudah ditetapkan oleh BI. Misalnya jika BI Rate tersebut menurun, otomatis lembaga perbankan juga akan menurunkan suku bunga pembiayaan ataupun deposito dan hal tersebut berlaku juga kebalikannya. Semakin turun suku bunga kredit yang ada di perbankan maka akan memunculkan minat dari masyarakat untuk mengajukan kredit di perbankan.
  2. Mengontrol Inflasi. Karena BI rate sesuai dengan kondisi umum perekonomian, maka diharapkan inflasi akan menurun secara perlahan dan kondisi dari finansial secara umum, bisa lebih stabil. Salah satu akibatnya adalah banyaknya usaha baru seperti UMKM yang terlahir dan menurunkan angka pengangguran.

Karena suku bunga BI menjadi salah satu faktor penentu besar kecilnya bunga kredit, maka informasi suku bunga misalnya terkait dengan pembiayaan KPR, bisa Anda dapatkan langsung di lembaga perbankan terkait. Untuk riset atau informasi penting terkait dengan properti misalnya besar BI Rate di tahun 2017, Anda bisa langsung mengunjungi HFIS-SMF. Di tempat ini, selain Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya misalnya mengenai perkembangan di sektor properti, Anda juga bisa melihat dan mengetahui informasi riset pasar properti.