Inilah 5 Bintang Yang Kini Jadi Gelandangan

Inilah 5 Bintang Yang Kini Jadi Gelandangan – Hidup ibarat roda berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Saat di bawah, rodanya kempes dan tak berputar. Kisah sukses tak semuanya memiliki akhir bahagia. Beberapa orang yang dulu tenar dan kaya, bisa berakhir miskin dan hidup di jalanan.

Macam-macam penyebabnya, mereka bisa jatuh karena narkoba, penyakit, perencanaan keuangan yang buruk atau nasib sial.

Berikut 5 orang tenar yang berakhir jadi gelandangan, berdasarkan laman Business Insider.

1. Margot Kidder
Wanita ini seorang bintang film. Ia pernah membintangi Louis Lane, pacar Superman yang diperankan oleh aktor Christopher Reeve. Saat itu ketenaran mendatangi Margot Kidder di Hollywood.

Namun nasib berkata lain. Harian Daily Finance pernah menulis, Kidder berjuang melawan penyakit mental skizofernia dan depresi. Dia menolak menjalani pengobatan.

Pada 1996, Kidder ditemukan tidur beralas kardus di halaman belakang sebuah rumah di Los Angeles. Rambutnya cepak dan gigi depannya tanggal saat ditemukan pertama kali. Kini dia tinggal di Montana.

2. ‘Sugar Ray’ Williams
‘Sugar Ray’ Williams menemukan masa keemasan sebagai pemain basket NBA era 1970-1980. Dia merupakan kapten tim basket kota New York, New York Knicks. Pertengahan 1980 dia pindah membela klub Boston Celtics. Dia pernah bermain di New Jersey Nets, Kansas City Kings, Atlanta Hawks, dan San Antonio Spurs.

Itu adalah kenangan manis Williams. Pada 2010, media Boston Globe melaporkan, William hidup berpindah dengan mobil Buick keluaran 1992. Dia tidur di kursi belakang. Pada 22 Maret lalu, Ray Williams meninggal karena menderita kanker pada usia 58 tahun di Memorial Sloan-Kattering Cancer Center, New York City.

Dalam sebuah wawancara, William meminta badan bola basket Amerika Serikat, NBA, merawat pemain pensiunan NBA yang membutuhkan bantuan seperti dirinya. “Saat saya main, mereka ngomong soal loyalitas kepada tim. Namun di mana loyalitas kepada para pemain,” kata dia.

3. Robert Cletus “Bobby” Driscoll
Dia bintang cilik Hollywood era 1950. Anugrah Academy Award 1950 diraih melalui film The Window. Dia dikenal dalam perannya di film So Dear To My Heart dan Treasure Island. Sepanjang karirnya (1944-1965), Bobby Driscoll sudah memerankan 24 film dan serial televisi.

Namun Bobby Driscoll terjerembab ke dunia narkotika. Enam tahun kemudian, dia ditangkap karena penggunaan obat terlarang.

Nasibnya berakhir tragis. Pada 30 Maret 1968, Bobby Driscoll ditemukan tewas di sebuah gedung kosong di New York. Tak ada uang sepeserpun di kantong bajunya. Mayat yang ditemukan tanpa nama itu baru diketahui sebagai Bobby Driscoll setahun kemudian.

4. Iran ‘Blade’ Barkley
Barkley pernah mendapat duit US$ 5 juta untuk naik ring tinju. Namun itu era 1980-1990. Selama itu, dia bertinju 63 kali, 43 menang, 19 kali kalah, dan sekali draw. Penghargaan tinju menghampirinya. Dia memegang gelar juara WBC Middleweight, juara IBF Super Middleweight, dan juara WBA Light Heavyweight.

Tapi apa daya duit yang diraihnya habis juga. Pada November 2010, dia hidup berpindah dan menggelandang. Harian The New York Post menulis, dia sempat tinggal di jalur kereta bawah tanah dan rumah buat para gelandangan di Patterson House, Bronx.

5. Natasha Lyonne
Film American Pie cukup sukses di Amerika Serikat. Natasha Lyonne merupkan satu dari pemerian film itu. Tak hanya American Pie, film beken lain pernah dibintanginya yakni: But I’m a Cheerleader, dan Slum of Beverly Hills. Total Lyonne telah membintangi 47 serial televisi dan film.

Karirnya di dunia peran cukup menjanjikan. Dia meraih penghargaan Chicago Film Critics Association Awards tahun 1999, Monaco International Film Festival 2008, Teen Choice Awards 1999, dan Young Hollywood Awards 2000.

Namun karirnya tergelincir. Dia ditahan lantaran berkendara dalam keadaan mabuk pada Agustus 2001. Dia terbukti bersalah dan harus membayar seribu dolar dan melayani public selama 50 jam setahun kemudian.

Setahun berikutnya dia diusir karena komplain atas prilakunya. Pada Desember 2004, Lyonne ditahan karena prilakunya dan hubungannya yang tak baik dengan tetangganya. Keberadaannya tak diketahui, bahkan ketika sidang April 2005.

Tiga bulan kemudian, New York Post melaporkan Lyonne berada di Beth Israel Medical Center, Manhatan menggunakan nama palsu. Dia diketahui menderita hepatitis C, infeksi hati, gagal jantung. Dia sempat menumpang di rumah temannya hingga akhirnya diusir dan hidup di jalanan. | tempo.co