Inilah 5 Pelatih Sepakbola Top Dunia Yang Dulunya Seorang Guru Sekolah

Inilah 5 Pelatih Sepakbola Top Dunia Yang Dulunya Seorang Guru Sekolah – Ternyata banyak pelatih sepakbola top yang sebelumnya bekerja sebagai guru di sekolah. Diantara mereka adalah :

1. Rinus Michels

Pelatih yang mempunyai julukan “Sphinx” ini sukses mengantarkan timnas Belanda yang diawaki Johan Cruyff dan kawan-kawan menjadi runner up Piala Dunia 1974 dan mengantarkan Marco Van Basten dan kawan-kawan juara Piala Eropa 1988.

Ia merupakan pencetus gaya bermain Total Football atau Totaal Voetball. Sebelum memulai kariernya dengan menangani Ajax Amsterdam pada 1965, Rinus Michels pernah berprofesi sebagai guru. Ia mengajar olah raga di sekolah khusus bagi penderita tuna rungu.

2. Guus Hiddink

Pelatih yang mengantarkan Korea Selatan menjadi negara Asia pertama yang menjadi semifinalis Piala Dunia pada tahun 2002 ini memulai karir kepelatihannya sebagai Asisten Manajer De Graafschap dan PSV Eindhoven pada awal 1980-an.

Namun sebelumnya ia pernah menjadi guru olahraga di sekolah bagi anak-anak bermasalah.

“Dahulu saya berurusa dengan anak-anak dengan latar belakang kehidupan nan keras. Beberapa dari mereka adalah pelaku tindakan kriminal. Saat menangani tim sepakbola, saya kerap bergurau, saya masih seperti sedang menangani anak-anak bermasalah itu,” ujarnya.

3. Louis van Gaal

Kariernya sebagai pemain tidak istimewa. Namun sebagai pelatih, pria yang kini menjabat sebagai pelatih timnas Belanda ini sudah merengkuh berbagai gelar di level domestik maupun internasional.

Van Gaal pernah menjuarai liga di negara berbeda yaitu Eredivisie bersama Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar, Bundesliga Bersama Bayern Muenchen dan La Liga bersama FC Barcelona. Ia pun pernah menjuarai Liga Champions bersama Ajax Amsterdam tahun 1995.

Satu hal yang membuat van Gaal disegani anak buahnya adalah fakta bahwa dia adalah mantan guru olahraga. Rekan-rekan kerjanya menyebut gaya melatih Van Gaal amat mirip dengan guru olahraga, yang kerap berteriak dan sering menggunakan peluiit.

4. Roy Hodgson

Roy Hodgson, mantan guru yang kini menjadi pelatih tim nasional Inggris.

Roy Hodgson yang kini melatih tim nasional Inggris merupakan salah satu pelatih tersukses di Inggris. Ia pernah menjadi guru olahraga di sekolah Alleyn School yang terletak di London Selatan.

5. Jose Mourinho

Trofi Liga Champions dan sederet gelar domestik merupakan prestasi yang pernah diraih Jose Mourinho sebagai pelatih. Tidak seperti kebanyakan pelatih, Mou tak punya karier gemilang sebagai pesepakbola profesional.

Konon kelihaiannya sebagai peracik strategi justru dipengaruhi latar belakangnya sebagai guru olahraga. Ia sempat menjadi guru di beberapa sekolah sebelum mengambil kursus kepelatihan sepakbola.

Hingga saat ini, Mourinho dikenal sebagai pelatih yang amat pintar memadukan teori olahraga dengan teknik motivasi dan psikologi. Tidak ada yang menyangsikan kehebatan peraih 3 gelar Liga Champions bersama 3 klub berbeda ini. | memobee.com