Inilah 5 Tempat Menarik Untuk Liburan Idul Adha 2013

Inilah 5 Tempat Menarik Untuk Liburan Idul Adha 2013 – Sebentar lagi kita akan merayakan liburan Idul Adha 2013. Mengingat Idul Adha 2013 jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013, sebagian kantor pemerintah dan swasta memberlakukan cuti bersama pada hari sebelumnya.

Dengan demikian, karyawan dengan 5 hari kerja bisa merasakan libur cukup panjang mulai Sabtu hingga Selasa. Long weekend seperti ini menjadi waktu yang tepat untuk berwisata bersama keluarga ke tempat yang agak jauh.

Tempat mana sih yang cocok untuk dikunjungi pada liburan Idul Adha 2013? Yuk, tengok 5 tempat wisata berikut yang pas untuk liburan Idul Adha 2013 ini.

1. Puncak, Bogor
Setiap kali ada long weekend, kawasan Puncak di kabupaten Bogor dan Cianjur selalu menjadi destinasi liburan utama bagi warga Jakarta. Udara yang sejuk, pemandangan alam yang indah, banyaknya tempat wisata dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama Puncak di mata warga Jakarta.

Tak heran jika banyak warga Jakarta mendirikan atau membeli villa di kawasan Puncak untuk dijadikan rumah peristirahatan. Taman Safari Indonesia, perkebunan teh, Masjid Atta’awun, Taman Bunga Nusantara, serta Taman Wisata Matahari adalah beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di kawasan Puncak.

2. Yogyakarta
Liburan selama 3-4 hari cukup untuk berwisata dengan puas di kota Yogyakarta. Berangkat melalui jalur darat, Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu sekitar 12 jam dari Jakarta. Setibanya di Jogja, kamu masih punya sekitar 2 hari untuk mengelilingi kota Yogyakarta dan mengunjungi tempat-tempat menarik yang ada di dalam dan sekitar Jogja.

Kawasan Malioboro, Pantai Parangtritis, Kaliurang, Masjid Kotagede, serta kompleks Candi Prambanan merupakan tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Yogyakarta.

3. Anyer dan Carita
Jangan cuma melirik destinasi di sebelah timur dan tenggara Jakarta. Sekali-sekali, tengok juga destinasi menarik yang terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Di sana, ada kawasan Anyer dan Carita yang terkenal dengan pantainya.

Pantai-pantai di kawasan Anyer dan Carita memiliki pasir putih yang cukup halus dan terkadang berhiaskan batu-batu karang besar. Di kawasan ini, wisatawan bisa melakukan berbagai permainan air seperti jet ski, banana boat, kano, atau sekedar berenang dan menyaksikan sunset. Dari Jakarta, kawasan Anyer dan Carita bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam saja.

4. Green Canyon
Jika Amerika Serikat punya Grand Canyon, maka Indonesia juga memiliki Green Canyon yang tak kalah indah dan menakjubkan. Green Canyon berlokasi di kecamatan Cijulang, sekitar 130 km dari wilayah Ciamis, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Green Canyon menampilkan lembah dengan aliran sungai berwarna kehijauan yang tertutup oleh pepohonan. Banyaknya pepohonan membuat udara di kawasan wisata ini terasa sejuk dan segar.

Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan wisata aktif seperti trekking, body rafting, berenang, ataupun terjun ke sungai dari batu berbentuk payung dengan ketinggian sekitar 7 meter. Musim kemarau seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Green Canyon karena airnya akan terlihat lebih tenang dan jernih kehijauan dibanding saat musim penghujan. Green Canyon dapat dicapai dalam waktu sekitar 8 jam dari Jakarta.

5. Tajur, Bogor
Bagi para shopaholic, kawasan Tajur di kabupaten Bogor bisa dipilih sebagai destinasi wisata saat libur Idul Adha. Kawasan ini dipenuhi dengan outlet tas, sepatu, dan baju hasil kerajinan warga lokal dengan kualitas internasional.

Karena buatan lokal, harganya tentu lumayan terjangkau dibanding produk-produk branded dari luar negeri. Tak hanya outlet-outlet fashion, kawasan ini juga dipenuhi dengan pusat jajanan dan oleh-oleh seperti Roti Unyil Venus dan Pastel Makcik.

Jika berkunjung ke kawasan Tajur di Bogor, jangan lupa singgah ke tempat wisata Sumber Kencana Indah / SKI Tajur yang tak hanya dilengkapi dengan pusat belanja baju dan sepatu tetapi juga kolam ikan, permainan anak, dan wahana outbound.

Sumber. voucherhotel.com