Inilah 7 Buaya Terbesar Di Dunia

Katakepo.blogspot.com – Buaya adalah salah satu reptile peninggalan jaman purba yang masih ada di muka bumi ini dan di percaya telah berevolusi menjadi buaya yang sekarang kita kenal dan kita ketahui. Buaya juga merupakan salah satu hewan buas yang sangat ditakuti karena sifatnya yang sangat ganas, ukuran tubuhnya dan karena memiliki rahang yang kuat untuk melahap musuhnya tanpa memandang seberapa besar ukuran tubuhnya dibanding dirinya. Terlebih dengan buaya yang berukuran super besar tentu akan menjadi menambah nilai menakutkan hewan yang mampu hidup di air dan di darat ini dan berikut kami telah merangkum 7 buaya paling besar di dunia.

1. Sarcosuchus Imperator-Afrika (13 meter-8 ton)

Buaya Sarcosuchus Imperator atau sering disebut buaya superCroc yang merupakan nenek moyang buaya, buaya ini hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu dengan memilik panjang tubuh sekitar 11-13 meter. Buaya ini mungkin reptile terbesar yang pernah ada dimana ukuran berat badan usia dewasa adalah sekitar 8 ton atau 10 kali lebih besar dari pada buaya di saat ini. Pada pertengahan tahun 1940an sampai tahun 1950an seorang ahli paleontology berkebangsaan Prancis Albert felix de lapparent telah menemukan banyak fosil di Nigeria bersama teman-temannya dalam ekspedisi di Sahara. Mereka menemukan sekitar 50%-70% dari fosil Sarcosuchus Imperator yang di kenal sebagai predator paling berbahaya pada jamannya, di mana buaya ini dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 40-60 km/jam.

2. Krys-Australia (8,64 meter-1 ton lebih)

Krys merupakan buaya terbesar pertama yang di temukan di zaman modern, tepatnya reptile ini ditemukan di kota Normanton, Queensland, Australia pada tahun 1957. Saat di temukan Krys memiliki panjang 8,64 meter dengan bobot di perkirakan lebih dari 1 ton. Sayangnya saat di temukan Krys telah dalam keadaan mati, Nama Krys diambil dari pemburu yang melumpuhkan reptile raksasa tersebut yaitu Krystina Pauloski di teluk Carpentaria, lantarang telah berhasil membunuh Krys dengan sekali tembakan. Namun baru-baru ini di Normanton sebuah kota teluk kecil di Queensland di hebohkan dengan sebuah berita yang cukup mengerikan dimana telah ditemukan jejak seeokor buaya raksasa yang di perkirakan hidup seeokor buaya yang sepanjang 8 meter di dekat sungai Norman yang mengaliri kota tersebut. Berita ini pertama kali datang dari seorang pendeta lokal bernama Elton Thompson yang mengakui jika ia telah mengambil foto jejak mahluk raksasa itu.

3. Gustave-Afrika (6 meter-1 ton)

Buaya terbesar di dunia lainnya yang terkenal adalah spesies buaya Nil bernama Gustave yang merupakan hewan pemangsa manusia yang tinggal di sungai Gurguzi, Burudundi, Afrika. Buaya raksasa berusia 68 tahun ini di perkirakan memiliki berat 1 ton dengan panjang 6 meter, walau di kabarkan telah membunuh lebih dari 300 orang tapi sampai sekarang buaya pemakan manusia ini belum juga tertangkap. Gustave dapat di kenali dengan adanya lubang peluru 1 di kepalanya, dan 3 di bagian kanan tubuhnya akibat percobaan penangkapannya. Buaya Nil adalah binatang paling berbahaya dimana setiap tahunnya ribuan manusia dibunuh oleh buaya Nil melebihi singa atau hiu. Bahkan kisah keganasan buaya terbesar didunia ini pernah juga di filmkan.

4. Buaya Florida (3,7 meter-362,8 kg)

Buaya terbesar selanjutnya adalah buaya air asin yang pernah di temukan di Florida pada September 2011 lalu yang panjang 3,7 meter dengan berat 362,8 kg. Buaya itu di tangkap mahasiswa asal Amerika Serikat berusia 19 tahun yang bernama Tim Stroh dalam kegiatan rutinnya berburuh buaya bersama ayah dan ibunya steven dan Rachel serta keluarga teman ayah Rusty Griffenberg. Meski buaya tersebut berbobot lima kali lebih berat dari dirinya namun Tim dapat menyeret buaya raksasa itu ke darat, pria dengan tinggi badan 1,9 meter dan bobot 72,5 kg ini tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan menangkap seekor buaya yang tercatat paling besar yang pernah ditemukan di Florida.

5. Pocho-Puerto Rico (5 meter-1 ton)

Buaya terbesar didunia adalah reptile raksasa yang paling unik yang pernah ditemukan di zaman moderen yaitu buaya bernama Pocho dari Puerto Rico. Tidak seperti buaya pemangsa lainnya, Buaya dengan ukuran panjang 5 meter ini ternyata merupakan reptil yang sangat jinak dan dirawat oleh seorang nelayan bernama Chito. Pocho ditemukan Chito di sebuah sungai pada tahun 1990 dalam keadaan sekarat dengan tubuh penuh luka akibat perburuan, kondisi buaya malang itu membuat hati Chito tergerak merawat Pocho selama 8 tahun sebelum akhirnya mereka bersahabat. Keunikan dari persahabatan mereka telah menjadi tontonan menarik bagi wisatawan yang datang kepenangkaran khusus di mana Pocho di rawat.

6. Cassius-Australia (5,5 meter-1 ton)

Buaya bernama Cassius yang juga merupakan buaya air asin yang terbesar yang ditemukan di Australia tepatnya di Green islandatau 27 km lepas pantai Cairns pada tahun 2008. Saat ditemukan buaya ini memiliki panjang 5,5 meter, Cassius yang di perkirakan berusia sekitar 100 tahunan ini tertangkap setelah ia menyerang perahu-perahu nelayan pada tahun 1984 kemudian ia dirawat di penangkaran diutara Green island pada tahun 1987 karena memiliki banyak bekas luka akibat pertarungannya dengan buaya lainnya selama ini dan ia telah kehilangan lengan kirinya. Namun yang membanggakan kini Cassius telah resmi diakui oleh Guinness World Rekor sebagai buaya besar di penangkaran dan akan muncul dalam buku organisasi Guinness World Rekor pada edisi 2012 dengan ukuran tubuhnya hampir 1 ton.

7. Lolong-Filiphina (6,4 meter-1 ton)

Buaya terakhir yang berukurang besar di dunia adalah seekor buaya air asin bernama Lolong yang berhasil di tangkap di sekitar sungai di Filiphina pada 5 september 2011 lalu. Buaya yang berhasil ditangkap ini berukurang panjang 6,4 meter dengan bobot hampir 1 ton, reptil ini adalah yang terbesar yang pernah ditangkap dalam beberapa tahun terakhir di Filiphina. Para pemburu veteran dan warga setempat telah mengintai buaya itu selama 3 minggu di sekitar sungai, dengan mengguanakan kawat berduri baja, para pemburu berhasil membuat buaya ini tidak berkutik meski membutuhkan lebih dari 100 orang untuk menyeret keluar buaya dari dalam air dan sebuah alat berat untuk mengankatnya keatas truk. Rencananya buaya ini akan dibawa ke taman marga satwa setempat.

Itulah 7 buaya paling besar di dunia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda.