Jangan gunakan smartphone sambil tonton TV!

Katakepo.blogspot.com – Di era digital ini, bukan lagi pemandangan aneh melihat banyak orang selalu memandangi gadget mereka. Bukan hanya di rumah, tetapi, juga di kantor atau di jalan sekalipun. Namun, tanpa disadari, menggunakan smartphone dan teknologi lain seperti komputer atau TV bisa sangat berbahaya bagi tubuh.
Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (07/04), memakai beberapa gadget di saat bersamaan bisa berdampak buruk bagi otak. Kegiatan ‘multitasking’ seperti Facebookan di smartphone sambil menonton TV diklaim bisa menurunkan tingkat kecerdasan seseorang.
Berdasarkan penelitian dari Universitas Copenhagen, fokus pada beberapa gadget dalam satu waktu dapat membuat otak melepaskan hormon berlebihan yang memberikan dampak seperti saat mabuk narkoba. Apabila kebiasaan buruk itu tetap rutin dilakukan, itu sama halnya dengan melatih otak untuk rusak.
Ya, pada dasarnya, saat kita fokus melakukan satu, sebut saja Facebookan, otak akan menyimpan informasi pada bagian ‘perpustakaan’ otak yang disebut hippocampus dengan mudah. Kita pun akhirnya bisa dengan mudah mengingat dan memanfaatkan informasi tadi.
Akan tetapi, saat kita fokus menggunakan beberapa gadget secara bersama-sama, informasi kerap dialihkan ke bagian otak yang salah, yakni ‘striatum’. Bagian otak tersebut sejatinya dipakai untuk merencanakan gerakan dan motivasi diri, bukan untuk menyimpan informasi atau ingatan.
Jika otak seseorang terlalu sering mengirim informasi ke bagian otak yang salah itu, maka terjadi peningkatan hormon dopamin yang bisa berakibat fatal bagi kecerdasan. Bahkan efeknya dianggap lebih buruk dari mabuk ganja.
“Penggunaan teknologi yang salah di kehidupan sehari-hari dapat merusak otak kita, membuat kecerdasan dan tes IQ kita menurun,” ungkap ilmuwan Universitas Copenhagen.
Apakah Anda termasuk orang yang sering memandang layar smartphone dan TV secara bersamaan?