Jangan Takut, Ini Fakta tentang Turbulensi yang Bisa Meminimalisir Ketakuan Kamu

Kamu punya ketakutan berlebihan akan turbulensi yang membuat kamu enggan naik pesawat terbang? Nah, maka kamu bisa menyimak 10 fakta tentang turbulensi berikut ini yang mungkin bisa mengurangi rasa ketakutan kamu.

Sebelum membahas tentang fakta turbulensi, mari kita mengenal apa itu turbulensi. Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan guncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar.

Sebenarnya, yang harus kamu lakukan saat terjadi turbulensi di pesawat terbang adalah tetap tenang  dan jangan panik, karena turbulensi adalah sesuatu hal yang wajar.

turbulensi pesawat

Nah, untuk meminimalisir ketakutan kamu akan turbulensi, berikut fakta tentang turbulensi:

Enggak usah takut, karena ada teknologi khusus turbulensi
Saat ini, para insinyur sedang mengembangkan alat yang bisa membantu pesawat menghindari turbulensi.

Jadi, nantinya jika alat ini berhasil rampung dan bisa digunakan oleh pesawat maka ketakutan kamu akan turbulensi pastinya mungkin bisa berkurang.

Nah, maka dari itu kamu tak perlu takut lagi untuk pesan tiket pesawat dan mendapatkan promo hotel termurah di Reservasi.com.

Jika bawa bayi, minta kursi khusus bayi
Jika kamu membawa bayi, kamu sebaiknya meminta kursi dan sabuk pengaman khusus bayi kepada pramugari.

Meskipun terlihat sepele, tapi hal ini sangat penting, karena biasanya kamu membawa bayi di pangkuan sehingga besar kemungkinan si bayi akan jatuh ketika turbulensi parah.

Turbulensi saat udara cerah lebih seram
Ternyata, turbulensi saat udara cerah lebih berbahaya dan menyeramkan daripada biasanya lho.

Tak hanya harus waspada saat udara sedang cerah, namun kamu juga harus bersiap dalam beberapa waktu ke depan.

Pasalnya jumlah turbulensi udara cerah akan semakin meningkat karena pemanasan global yang terjadi sekarang-sekarang ini. Maka dari itu ada baiknya kamu tidak terlalu sering atau berlama-lama berdiri di pesawat dan jangan lupa untuk selalu mengenakan sabuk pengaman ya.

Turbulensi bukan penyebab pesawat jatuh
Hayo ngaku, pasti penyebab kamu takut turbulensi karena kamu takut pesawat kamu jatuh. Faktanya, pesawat sudah dirancang untuk menghadapi guncangan-guncangan tersebut. Jadi tetaplah tenang di kursi, karena pesawat kamu akan selalu seimbang saat mengalami turbulensi.

Percayakan semua pada pilot
Pilot sudah tahu apa yang harus mereka lakukan, jadi kamu tak perlu panik saat terjadi turbulensi.

Sebelum melakukan penerbangan pun, biasanya pilot dan awak kabin sudah melakukan perkiraan. Pilot akan memilih rute penerbangan terbaik yang akan dilalui lewat prakiraan cuaca dan lainnya.

Turbulensi tidak berbahaya
Pada dasarnya, pesawat sudah dirancang untuk bisa menghadapi guncangan besar seperti angin kencang dan badai. Turbulensi adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia penerbangan.

Penanganan pilot
Pilot yang baik adalah mereka yang menangani turbulensi dengan santai dan tanggap.

Sebetulnya pilot sudah mengetahui kondisi cuaca lewat alat pendeteksi khusus. Namun, pilot harus tetap menenangkan penumpang dan bekerja dengan profesional.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Dailymail, jika diperhatikan, pilot memiliki sejumlah gadget di dalam pesawat. Masing-masing gadget diprogram untuk membantu mereka terbang dari titik A ke titik B seaman mungkin.

Gadget dan aplikasi lah membuat mereka terbantu mengatasi turbulensi yang datang di tengah penerbangan.

Turbulensi sendiri menjadi penyebab bagi kerusakan, penundaan penerbangan dan cedera penumpang yang dapat merugikan maskapai hingga USD100 juta atau setara dengan Rp1,3 trilyun per tahun.

Selain itu, menurut NASA, turbulensi adalah penyebab cedera paling besar dalam penerbangan, meskipun tidak selalu mengancam kehidupan. Turbulensi mencederai rata-rata 58 penumpang per tahun.

Di sisi lain, studi menunjukkan bahwa turbulensi bisa mengakibatkan dampak yang lebih serius karena perubahan iklim.

Untuk mengatasi hal tersebut, pilot dibekasi gadget dengan sejumlah aplikasi penerbangan. Salah satunya adalah aplikasi yang memungkinkan pilot mengetahui perkiraan turbulensi.

Hal ini membuat pilot memikirkan cara lain untuk menghindari rute dengan kantong turbulensi yang parah.

Hal ini juga memungkinkan para pilot menavigasi arah mereka saat terjadi turbulensi.

Ingat! Pasang Sabuk pengaman
Ini yang paling penting, sabuk pengaman. Saat terjadi turbulensi, pilot selalu menyalakan tanda untuk menggunakan sabuk pengaman.

Jika kamu sedang berada di toilet, segeralah kembali ke kursi, lalu pasangkan sabuk pengaman dan tetaplah tenang.

Turbulensi kadang menyebabkan cidera penumpang, terutama saat pesawat terguncang terlalu kencang.

Jadi gimana, sekarang kamu sudah tahu bukan fakta-fakta tentang turbulensi? Setidaknya bisa meminimalisir ketakutan kamu akan turbulensi bukan?

Nah, ada informasi tambahan nih jika kamu ingin pesan tiket pesawat online atau lagi cari hotel murah di Bandung, kamu bisa temukan di www.Reservasi.com. Diskonnya hingga Rp1 Juta lho, murah, mudah dan dijamin terpecaya.

Jangan Takut, Ini Fakta tentang Turbulensi yang Bisa Meminimalisir Ketakuan Kamu | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply