Jumlah Cowok Pesolek Semakin Meningkat


Tahu anda bahwa penjualan produk kecantikan atau grooming bagi cowok meningkat 20 persen dalam lima tahun terakhir?

Ya hal ini memang benar adanya. Dan hal ini menunjukkan bahwa makin banyak pria modern yang gemar merawat diri atau sering disebut pria metroseksual. Sebuah perusahaan penelitian pasar global, Mintel, menyatakan total penjualan produk perawatan pria naik 3,6 persen dari tahun lalu.

Hal inijuga diperkuat dengan survei yang menunjukkan sebanyak 42 persen pria menggunakan produk pelembap wajah. Serta sebanyak 22 persen pria menggunakan produk pembersih wajah. Tidak hanya dua kosmetik itu, lip balm juga digunakan oleh 23 persen pria. Sementara 16 persen pria menggunakan tisu wajah. Lalu, sebanyak 7 persen pria menggunakan krim mata, 6 persen pria menggunakan masker kulit dan wajah, serta 8 persen pria menggunakan produk anti-ageing.

Seperti yang dikutip dari polimoli.com, Charlotte Libby, seorang analis dari Mintel, menilai bahwa para pria modern terkena tuntutan gengsi, sehingga lebih aware dalam hal penampilan. Libby juga beranggapan bahwa meski terjadi penurunan ekonomi, kebutuhan kosmetik justru kian meningkat. Selain karena alasan kesehatan dan perawatan, pengguna kosmetik dinilai memiliki gengsi. Sebanyak 10 persen responden yang disurvei menyatakan mereka akan tetap membeli kosmetik meskipun menghadapi penurunan pendapatan.

Sementara itu, wanita dinilai lebih skeptis pada produk perawatan wajah dibandingkan laki-laki. Sebanyak 52 persen wanita tidak percaya pada produk kosmetik wajah. Sedangkan pada pria, hanya 32 persen yang tidak percaya pada produk kosmetik wajah.

Dalam hal ini, pria yang gemar “berdandan” kini sudah bukanlah hal yang aneh bahkan tabu. Asalkan pengaplikasiannya tidak berlebihan, serta membedakan produk mana yang seharusnya diaplikasikan atau tidak, be groomed, why not?