Jumlah kapal perang TNI AL bisa batasi pengamanan laut

“Keterbatasan kapal masih menjadi kendala. Saat ini hanya sekitar 60-70 kapal yang melakukan operasi di tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, di Jakarta, Rabu petang. 


Dengan luas perairan Indonesia, secara ideal TNI AL mengoperasikan sekitar 400 kapal perang dari berbagai kelas, tipe, dan varian. Apa daya, jumlah saat ini cuma 151 unit. 2014 menjadi batas akhir fase I pengembangan militer Indonesia untuk memenuhi postur pertahanan minimalnya. 

Dari 151 kapal perang TNI AL itu, kata dia saat berkunjung ke Kantor Berita ANTARA, bukan cuma misi pengamanan perairan yang dilakukan; melainkan juga misi-misi lain, di antaranya misi diplomasi di luar negeri. 

Ada lagi hambatan yang cukup serius, yaitu ketersediaan BBM yang dibayari negara. Dulu cuma 13 persen, kini sudah 41 persen dari jumlah yang diajukan TNI AL kepada negara. 

Namun begitu, “Kami memiliki komitmen mengamankan laut agar kasus-kasus pencurian ikan dapat diminimalisir. Tingkatkan kapabilitas,” katanya.

Sumber : Antara