Kapal Tak Berawak UGM, Potensial Dimiliki TNI

TIM robot kapal fuel engine (berbahan bakar) UGM, JAYAMAHE, berhasil meraih juara 1 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2013 (KKCTBN 2013), 25-26 Nopember lalu di Camplong, Sampang, Madura. Jawa Timur. 

Juru bicara tim JAYAMAHE, Nur Fattah didampingi Ketua Roboboat UGM Nikite Sulistiyana mengatakan kapal cepat tanpa awak ini menggunakan bahan bakar pertamax serta oli samping yang kami tulis (7/12/2013). 

JAYAMAHE dikendalikan oleh modul remote control yang menggerakkan tuas gas dan haluan kapal. Dengan mesin (special engine) 26 cc dan bentuk lambung kapal V (monohull) yang telah dimodifikasi dan mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan putaran haluan hingga 360o pada satu titik. 

Pengembangan kapal ini cukup potensial dijadikan sebagai kapal penjaga perbatasan ataupun kapal pengintai. Selain itu kapal ini dilengkapi dengan sistem navigasi kompas dan gps. Kompas di kapal ini berguna untuk menunjukkan ke arah mana kapal bergerak dan juga berguna untuk mengarahkan kapal. 

GPS pada kapal ini dapat memberitahu lokasi dari kapal tersebut berdasarkan koordinat bujur dan lintang dengan ketepatan +-1 meter. 

Sumber : Pelitaonline